SOLOPOS.COM - ilustrasi ucapan buruk di depan anak (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Para orang tua sebaiknya mewaspadai efek anak mendengar ucapan buruk. Karena hal itu bisa berpengaruh terhadap anak.

Apakah efek jika anak mendengar ucapan buruk? Simak ulasanya di tips parenting kali ini supaya orang tua bisa menghindari  anak mendengar ucapan buruk. Dalam melakukan pola asuh anak, orang tua sebaiknya berhati-hati terhadap ucapan mereka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebuah studi dalam jurnal Child Development di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak sengaja mendengar seseorang berkata buruk tentang kelompok orang tertentu dapat memengaruhi opini anak terhadap kelompok tersebut. Mengutip Bisnis.com, Kamis (25/3/2021), penelitian ini dilakukan terhadap 121 anak dengan rentang usia 4-9 tahun yang dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kecil.

Mereka akan didengarkan sebuah klaim negatif dari seorang anak atau orang dewasa tentang sebuah kelompok fiksi yang disebut “Flups” atau “Gearoos” maupun mereka tidak mendengar klaim negatif. Para anak akan sibuk dengan aktivitas yang tidak terkait dengan penelitian ketika ada orang dewasa yang memainkan sebuah telepon video yang telah direkam sebelumnya, di mana mereka akan mendengarkan secara tidak sengaja sebuah pesan tentang satu atau dua kelompok fiksi maupun pesan yang tidak mengandung unsur negatif.

Baca Juga: Kasus Kematian Anak Indonesia Akibat Covid-19 Tertinggi Di Asia Tenggara

Pesan yang tidak sengaja mereka dengar berbunyi bahwa kelompok Flurps/Gearoos merupakan orang yang buruk, makan makanan yang menjijikkan, memakai pakaian yang aneh, dan bahasa yang digunakan kelompok tersebut terdengar jelek.

Tidak lama setelah pesan tersebut didengar, anak-anak berusia 7 tahun ke atas menunjukkan ekspresi yang kurang baik kepada kelompok fiksi tersebut dibanding dengan anak-anak yang tidak mendengar pesan tersebut sama sekali. Menurut kandidat doktor Jurusan Pengembangan Manusia dan Psikologi Universitas Vanderbilt di Nashville, Emily Conder, anak-anak tersebut kemudian diwawacara kembali sekitar dua pekan kemudian dan hasilnya mereka masih menunjukkan prasangka buruk terhadap kelompok tersebut.

Conder menambahkan mereka akan selalu mencoba mengotak-kotakkan orang lain dan di usia tersebut merupakan hal yang wajar terjadi. Umumnya, mereka akan memisahkan orang berdasarkan warna kulit, pakaian, dan faktor lain agar bisa memahami dunia sekitar mereka. Akan tetapi, dalam penelitian tersebut tidak semua memiliki kacamata prasangka buruk.

Baca Juga: Nenek Asal AS Ini 30 Kali Terbang Ke Luar Negeri Tanpa Tiket

Rata-rata, mereka yang berusia 4 tahun dan 5 tahun melihatnya dengan kacamata yang berbeda. Melihat hasil ini, Conder belum melihat mengapa anak-anak yang lebih muda tidak terlalu berpengaruh dengan omongan buruk terkait suatu kelompok. Ia menduga bahwa hal tersebut bisa dikaitkan dengan waktu perhatian mereka yang singkat serta kemampuan mereka untuk memproses informasi yang tidak sengaja mereka dengar yang masih terbatas.

Meski riset ini tidak memberikan spesifik usia pembicara pesan buruk, tetapi riset ini menunjukkan fakta bahwa usia penyampai pesan buruk tidak memengaruhi dampak terhadap anak-anak.

“Saya pikir seiring dengan anak-anak ini bertambah usia, perilaku mereka akan lebih dipengaruhi oleh anak-anak lain. Tetapi mereka sama-sama terpengaruh oleh anak-anak dan orang dewasa dari segala kelompok usia,” terang Conder.

Baca Juga: Para Idol K-Pop Ini Punya Kebiasaan Makan Yang Aneh, Siapa Saja?

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Kepala Staf Keragaman di Asosiasi Psikologi Amerika, Maysa Akbar. Meski ia bukan peneliti dalam studi tersebut, ia menyebutkan anak-anak masih mudah terpengaruh dari apa yang mereka dengarkan seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan mereka. Akbar menambahkan ketika anak-anak ini mendengar ucapan buruk secara tidak sengaja tentang suatu kelompok, mereka bisa mulai berpikir tentang kelompok yang berbeda sebagai sesuatu yang berbeda dan tidak perlu diasosiasikan kelompok yang berbeda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya