SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

MAGELANG—Banjir lahar dingin kembali terjadi di sungai berhulu di Merapi. Jalin Merapi melaporkan adanya peningkatan debit air disertai material dan bau belerang di Kali Senowo, Dukun, Magelang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Banjir juga menelan sebuah alat molen di Dusun Kajangkoso, Dukun Magelang sekitar pukul 15.08 WIB. Sementara debit air di kali Senowo mencapai ketinggian 50 sentimeter dengan lebar mencapai sekitar 30 meter.

Informasi twitter @jalinmerapi menyebutkan, kewaspadaan banjir lahar dimulai pukul 14.42 wib. Indikasinya, terjadi hujan di kawasan puncak dan terjadi penambahan debit air di kali Tringsing. Berdasarkan pantauan Pos Babadan, peningkatan debit air juga terjadi di kali Senowo dan Kali Putih sekitar pukul 14.52 wib dan Kali Bebeng pada pukul 14.57 wib.

Sementara dari pantauan Pos Babadan pada pukul 15.05 wib, intensitas hujan mulai berkurang. Sekitar pos masih diguyur gerimis namun tidak terlalu lebat. Sedangkan suara gemuruh yang sempat terjadi sebelumnya juga sudah berhenti.

Hujan baru berhenti sekitar pukul 15.30 wib. Meski demikian masih terjadi peningkatan debit air di Kali Blongkeng  sekitar pukul 15.33 wib. Berdasar pantauan, kepala banjir di Kali Blongkeng terlihat sampai di Dam Ngampel, Srumbung Magelang meski dengan intensitas kecil.Dengan kondisi ini, warga diimbau tetap waspada mengingat hujan diperkirakan masih akan sering turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya