SOLOPOS.COM - Seorang warga mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Satlantas Polres Grobogan, Jumat (2/7/2021). (Solopos.com/Polres Grobogan)

Solopos.com, JAKARTA — Virus Corona varian Delta belum juga terkendali, kini muncul varian baru yakni Delta Plus. Setidaknya sudah ada tiga kasus yang terdeteksi di dua daerah di Indonesia. Waduh..

“Varian Delta Plus sebenarnya belum resmi. Kalau yang dimaksud AY.1 sudah ada tiga,” Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Subandrio, Senin (27/7/2021).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

“Sudah ada di Mamuju (Sulawesi Barat) dan Jambi,” jelas Prof Amin.

Ekspedisi Mudik 2024

Varian Delta Plus memiliki mutasi yang berbeda dibanding Varian Delta atau B1617.2, yakni pada protein K417N. Mutasi yang sama juga ditemukan dalam varian Beta (B1351) dan varian Gamma (P1).

Baca Juga: Ini Kriteria Rumah yang Aman Untuk Isoman

Apakah lebih berbahaya? Professor imunologi dan virologi dari Institute of Medical Sciences, Banaras Hindu University, Sunit K Singh, menyebut ada kemungkinan mutasi pada varian Delta Plus tersebut, yang juga ditemukan pada beberapa varian lain, membuat vaksin kurang memberikan perlindungan.

“Varian Beta dengan mutasi ini telah menunjukkan kemampuan untuk lolos dari antibodi yang diberikan oleh vaksinasi Covid, setidaknya sampai batas tertentu,” jelasnya.

Tidak ada gejala yang berbeda pada varian Delta Plus, umumnya mencakup gejala sebagai berikut:

Batuk
Diare
Demam
Sakit kepala
Ruam kulit
Perubahan warna pada jari tangan dan kaki
Nyeri dada
Sesak napas

Baca Juga: Pasangan Turis Ini Tertangkap Kamera Tak Berhelm Saat Naik Motor

Covid-19 varian Delta Plus memiliki nama AY.1. Gejala lain yang dirasakan penderitanya yakni sakit perut, mual, dan hilangnya nafsu makan. Sejauh ini varian Delta Plus dilaporkan tersebar di Inggris, Kanada, India, Jepang, Nepal, Polandia, Portugal, Rusia, Swiss, Turki, dan AS.

Belum ada keterangan lebih jauh apakah varian ini lebih mematikan daripada varian Covid-19 Delta atau varian lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya