SOLOPOS.COM - Tim Satgas PP Covid-19 mencuci tangan saat hendak masuk di Umbul Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jumat (3/9/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN—Meski tren kasus Covid-19 di Klaten menunjukkan penurunan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Klaten memberikan peringatan agar pengetatan protokol kesehatan tetap dilakukan. Hal itu menyusul potensi lonjakan kasus Covid-19 bisa terjadi sewaktu-waktu.

Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan sesuai zona risiko Covid-19, Kabupaten Bersinar saat ini berada pada zona kuning atau risiko rendah penularan virus corona. Kondisi itu terjadi lantaran tren kasus Covid-19 di Klaten yang terus melandai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, tren perkembangan kasus Covid-19 di Klaten akhir-akhir ini masih harus diwaspadai. Hal itu menyusul tren penambahan kasus cenderung lebih banyak dibandingkan angka kesembuhan. Jika kondisi itu tak diantisipasi sejak dini, angka kasus Covid-19 bisa melonjak.

Baca Juga: Warga Paranggupito Wonogiri Terima Bantuan 42.000 Liter Air Bersih

“Memang ada warning bahwa angka kesembuhan beberapa hari terakhir itu di bawah angka terkonfirmasi. Ini harus diwaspadai. Itu karena kontak erat. Yang melakukan isolasi mandiri harus benar-benar disiplin melakukan isolasi dan menerapkan protokol kesehatan terutama penggunaan masker,” kata Ronny saat dihubungi Solopos.com, Senin (4/10/2021).

Ronny mengaku jumlah kecamatan yang masuk zona hijau atau tak ada kasus aktif Covid-19 berkurang. Pada Kamis (30/9/2021), ada delapan kecamatan yang tak ada kasus aktif Covid-19. Jumlahnya berkurang menjadi enam kecamatan yang masuk pada zona hijau.

Ronny mengingatkan agar Satgas Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan dan desa terus menggelar edukasi terkait penerapan protokol kesehatan. Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga terus dikejar. Capaian vaksinasi di Klaten saat ini sudah mencapai 70,34 persen dari total target 1.006.650 orang.

Baca Juga: Giliran Pedagang Pasar Ngeseng Delanggu Ikuti Vaksinasi Covid-19

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, jumlah total warga Klaten yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 34.689 orang per Minggu (3/10/2021). Dari jumlah tersebut, sebanyak 31.723 orang dinyatakan sembuh, 2.913 orang meninggal dunia, dan 53 orang masih menjalani perawatan atau isolasi.

Sementara itu, pada Minggu ada empat orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan satu orang terkonfirmasi baru dari hasil tes PCR.

“Mari tingkatkan kesadaran terhadap protokol kesehatan, memakai masker dengan baik, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, serta mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir,” kata Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya