SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem. (Dok. JIBI/Solopos)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang memprakirakan cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Jawa Tengah (Jateng), termasuk Soloraya, dalam tiga hari ke depan, Kamis-Sabtu (25-27/11/2021).

Cuaca ekstrem itu pun berpotensi menimbulkan dampak bencana di sejumlah wilayah di Jateng, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, hingga pohon tumbang. Oleh karenanya, masyarakat pun diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kebencanaan selama cuaca ekstrem melanda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Ahmad Yani Semarang membuka layanan informasi cuaca 24 jam, baik melalui website, Twitter, Instagram, Facebook, maupun aplikasi iOS dan android di Info BMKG,” tulis Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Sutikno, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Rabu (24/11/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: BMKG Semarang: Cuaca Ekstrem Landa Sebagian Besar Jateng

Sementara itu, cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai kilat dan angin kencang yang melanda Jateng selama tiga hari berturut-turut itu terjadi secara silih berganti di sejumlah wilayah.

Pada tanggal 25 November 2021, cuaca ekstrem diprakirakan akan melanda wilayah Jateng bagian selatan dan pantai utara seperti Cilacap, Wonosobo, Wonogiri, Magelang, Boyolali, dan Rembang. Kemudian Karanganyar, Blora, Semarang, Kabupaten Tegal, Brebes, Purworejo, Pekalongan, Pati, Jepara, Grobogan, Demak, Batang dan sekitarnya.

Sementara pada 26 November 2021, hujan deras disertai petir dan angin kencang diprediksi mengguyur wilayah Cilacap, Wonosobo, Wonogiri, Banjarnegara, Purbalingga, dan Banyumas. Lalu wilayah Temanggung, Rembang, Karanganyar, Blora, Semarang, Kabupaten Tegal, Brebes, Sragen, Purworejo, Kabupaten Pekalongan, Pati, Jepara, Grobogan, Demak, dan sekitarnya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini : Waspada Hujan Petir di Sejumlah Wilayah

Sedangkan pada hari Sabtu, atau 27 November 2021, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Cilacap, Wonosobo, Wonogiri, Banjarnegara, Purbalingga, dan Banyumas. Kemudian Magelang, Temanggung, Rembang, Karanganyar, Blora, Semarang, Sragen, Purworejo, Kebumen, Grobogan, Demak, Salatiga, dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya