SOLOPOS.COM - Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin, saat diwawancarai wartawan, Jumat (4/2/2022). (Solopos-Ni`matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Polres Boyolali akan mendirikan pos pantau Lebaran 2022 di sejumlah kawasan rawan, termasuk di tempat wisata Boyolali, Jawa Tengah.

Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin, menyampaikan hal itu seusai menggelar pers rilis di Mapolres Boyolali pada Senin (11/4/2022). Sebelumnya, Kapolres menyampaikan Polres Boyolali akan mendirikan tujuh pos pengamanan (Pospam). Terkini, Kapolres menjelaskan bahwa Polres Boyolali juga akan mendirikan pos pantau Lebaran 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Berkaca pada pengalaman tahun lalu di Waduk Kedung Ombo terjadi kecelakaan tenggelamnya penumpang perahu yang sedang berwisata. Jadi terbalik perahunya. Sembilan orang meninggal dunia,” jelas Asep.

Baca Juga : Inilah 7 Lokasi Pospam Mudik Lebaran di Boyolali

Ia berharap kejadian nahas tersebut tidak terjadi lagi. Ia juga menginstruksikan jajaran polsek di wilayah hukum Boyolali untuk mengantisipasi kecelakaan di lokasi wisata. Ia mengatakan kapolsek akan berkoordinasi dengan tempat pengelola wisata agar benar-benar menyiapkan rencana pengamanan di masing-masing tempat wisata.

Asep juga memperkirakan terjadi lonjakan pengunjung di tempat-tempat wisata mengingat pembatasan sudah lebih longgar dan akan ada arus mudik pada tahun ini. “Kami akan all out untuk pengamanan arus mudik Lebaran. Personel yang kami siapkan sekitar 400 orang untuk pengamanan arus mudik Lebaran,” tutur Asep.

Baca Juga : Wisata Umbul Sungsang Boyolali, Peninggalan Kerajaan Pengging

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua Tim SAR Wana Wisata Kedung Ombo di Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Sarwono, mengungkapkan telah mempersiapkan pengamanan di lokasi wisata. “Kami menyiapkan personel SAR 16 orang. Kami mulai stand by dari H-5 Lebaran sampai H+7 Lebaran. Kami juga mempersiapkan sarana prasarana seperti pelampung, perahu evakuasi, dan bahan bakar minyak,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu (13/4/2022).

Sarwono mengungkapkan telah berkoordinasi dengan BUM Desa Wonoharjo, Polsek Kemusu, Koramil Kemusu, dan instansi terkait. Ia menuturkan personel yang akan berjaga saat Lebaran 2022 dapat bertambah karena tim bergabung dengan Polsek Kemusu, pihak BUM Desa, Koramil Kemusu, Satpol PP, dan polisi hutan di KPH Telawa.

Baca Juga : Catat Lur, Ini Nomor HP untuk Aduan Warga Langsung ke Kapolres Boyolali

Sebelumnya diberitakan, Polres Boyolali akan membuat tujuh pospam yang berlokasi di kawasan Susu Tumpah, Bangak, Pasar Ampel, gerbang tol Bandara Adi Soemarmo, gerbang tol Boyolali, dan rest area 487A dan 487B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya