SOLOPOS.COM - Ilustrasi merasa kesepian di tengah keramaian. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bukan hanya obesitas, para ahli mengungkapkan kesepian juga bisa membuat seseorang terkena serangan jantung dan stroke. Kita semua menganggap kesepian sebagai kesendirian, makna sebenarnya cukup dalam dan penting untuk dipahami. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Kesepian melumpuhkan kemampuan seorang untuk hidup bersama, berbicara dengan bebas kepada seseorang, untuk bergaul secara sosial dan berkomunikasi dengan baik. Kesepian, yang memiliki efek merugikan pada kesehatan seseorang, sering dikaitkan dengan isolasi sosial.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelumnya pada 2021 lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melihat teknologi digital nantinya akan memunculkan dunia virtual yang proses di dalamnya serba cepat serta memiliki keterlibatan secara personal.  “Saya khawatir 2045 banyak orang kesepian juga. Karena mereka tidak bisa masuk ke dunia 3 dimention virtual world, dia left out di dunia reality dan kemudian dia enggak bisa engage. Ini hal yang perlu kita lihat,” ujar Sri Mulyani dalam Indonesia Fintech Summit 2021, pada 11 Desember 2021, seperti dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: Serangan Jantung, Alumnus PTN Semarang Meninggal di Kamar Indekos

Untuk memahami bagaimana efek kesepian bisa membuat seseorang terkena serangan jantung, maka penting untuk memahami apa sebenarnya arti kesepian. Kesepian berhubungan dengan 20-30% peningkatan episode kardiovaskular.

“Isolasi sosial dan kesepian adalah fenomena signifikan yang terlihat di seluruh dunia akibat digitalisasi & penggunaan berlebihan aktivitas media sosial yang mengarah pada depresi dan peningkatan insiden kardiovaskular di seluruh dunia dalam bentuk hipertensi, penyakit jantung, dan gangguan metabolisme,” kata Senior Ahli Jantung Intervensi, Rumah Sakit Apollo, Ahmedabad, Dr. Lal Daga, dilansir dari Times of India dan Bisnis.com pada Selasa.

Dia menambahkan beberapa penelitian telah menemukan bahwa isolasi sosial dan kesepian terkait dengan peningkatan 20-30% dalam episode kardiovaskular. Keseluruhan episode mortalitas dan morbiditas meningkat serta usia yang bertahan hidup berkurang karena kesepian.

Baca Juga: Benarkah Begadang Picu Stroke Seperti Curhatan Viral Wanita 21 Tahun?

Mengutip sebuah studi penelitian oleh University of New York, Direktur dan HOD Ahli jantung intervensi, Max Hospital Shalimar Bagh, Dr. Naveen Bhamri, menjelaskan bahwa kesepian atau isolasi sosial dikaitkan dengan peningkatan sekitar 29% risiko serangan jantung dan 32%. risiko pada stroke.

Studi dalam referensi ini didasarkan pada 1.81.000 pasien di mana efek merugikan dari kesepian pada kesehatan ditemukan melonjak pada tingkat yang mengkhawatirkan. Mengenai hal ini, Dr Bhamri menjelaskan, kesepian dapat menyebabkan stres, kecemasan, peningkatan merokok dan aktivitas fisik yang mengakibatkan peningkatan kemungkinan serangan jantung.

Gaya hidup yang kurang gerak, kurang aktivitas fisik, lebih banyak screen time dan kemudahan melakukan pekerjaan membuat kesehatan lebih rentan terhadap penyakit. Kebiasaan gaya hidup ini secara bertahap menambah risiko dan setelah waktu tertentu membuat perubahan kesehatan yang tidak dapat diubah.

Baca Juga: Wisatawan Meninggal Akibat Serangan Jantung Saat Mendaki Bukit

Selain penyakit kardiovaskular, ada beberapa cara lain kesepian dapat mempengaruhi tubuh Anda. Pertama-tama dapat menyebabkan perasaan depresi dan stres yang merupakan pembunuh diam-diam kesehatan fisik. Para ahli di Universitas John Hopkins mengatakan bahwa depresi dan serangan jantung terjadi bersamaan.

“Sebagian orang yang tidak memiliki riwayat depresi menjadi depresi setelah serangan jantung atau setelah mengalami gagal jantung. Dan orang-orang dengan depresi tetapi tidak memiliki penyakit jantung yang terdeteksi sebelumnya, tampaknya mengembangkan penyakit jantung pada tingkat yang lebih tinggi daripada populasi umum,” demikian bunyi laporan tersebut.

Baca Juga: Dokter: Olahraga Bukan Penyebab Serangan Jantung

Tentang efek kesepian selain membuat seseorang berisiko terkena serangan jantung dan stroke, Dr Bhamri punya penjelasan lain soal efek kesepian. Mengutip studi penelitian lain, dia mengatakan,”Kesepian dapat memicu sinyal stres fight-or-flight yang dapat memengaruhi produksi sel darah putih tubuh. Sinyal tersebut dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan menurunkan respons antivirusnya, yang berarti orang yang merasa kesepian memiliki respon imun yang kurang efektif.”

Sesuai satu meta-analisis dari 70 penelitian, individu yang kesepian memiliki peluang 26% lebih besar untuk mengalami kematian dini daripada individu yang tidak kesepian.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Hati-hati, Kesepian Bisa Bikin Anda Kena Sakit Jantung dan Stroke

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya