SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembobol rekening bank. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BBRI mengimbau masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan seiring dengan maraknya modus pembobolan rekening melalui undangan pernikahan digital. Berikut adalah sejumlah modus dan cara mencegah pembobolan rekening nasabah bank.

Sebelumnya, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto meminta masyarakat lebih cermat mengenali berbagai modus kejahatan perbankan. “Nasabah agar selalu waspada terhadap berbagai modus tindak kejahatan social engineering. Kerahasian data pribadi dan data transaksi perbankan harus dijaga, tidak hanya oleh pihak bank, namun juga oleh nasabah,” jelas Andrijanto dalam keterangan resmi yang dibagikan beberapa waktu lalu, dikutip Senin (30/1/2023).

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Sejalan dengan hal tersebut, BRI melalui media sosialnya aktif membagikan kampanye mengenai modus penipuan lewat undangan nikah digital yang umumnya dibagian via aplikasi pesan singkat. “Aplikasi yang tidak resmi atau bodong ini, membuat pemilik HP dengan sadar memberikan persetujuan untuk mengizinkan aplikasi tersebut mengakses SMS. Disinilah kejahatan terjadi, karena kode OTP perbankan dikirim melalui SMS,” jelas manajemen BRI melalui akun resmi media sosial @Bankbri_id. Oleh karena itu, BRI meminta nasabahnya mencermati setiap pesan yang diterima dan tidak mudah mengeklik file yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal.

Ekspedisi Mudik 2024

Modus-modus pembobolan rekening:

– Mengirimkan link penggantian kartu ATM untuk mencuri data pribadi

– Mengirimkan undangan pernikahan digital palsu

– Mengatasnamakan perusahaan listrik  dengan modus pembayaran tagihan

– Mengirimkan pengumuman bantuan subsidi upah BPJS

Antisipasi atau cara mencegah pembobolan rekening:

  1. Abaikan pesan yang berisi link atau filedalam bentuk APK (android package kit) atau dokumen dari sumber yang tidak terpercaya
  2. Cek kebenaran informasi yang diterima dan jangan langsung klik pesan dari nomor yang tidak dikenal
  3. Jangan pernah mengisi data-data rahasia apapun pada websiteatau mengunduh file dari sumber yang mencurigakan
  4. Jika menerima pesan yang mencurigakan, segera laporkan ke Bank atau contact BRI di nomor 14017 / 1500017 atau Whatsapp melalui 0812-12-14017.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Waspada! Begini Macam-macam Pembobolan Rekening Zaman Sekarang dan Cara Mencegahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya