Waspada! Kebiasaan Ini Bikin Kamu Boros

Kalau kita hanya sekali dua kali melakukan kebiasaan yang justru bikin boros ini nggak begitu berpengaruh terhadap finansial.
Waspada! Kebiasaan Ini Bikin Kamu Boros
SOLOPOS.COM - ilustrasi menghitung pengeluaran. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Tanpa sadar kita mungkin melakukan sejumlah kebiasaan belanja atau spending habits yang justru bikin kita boros. Perilaku ini akan menimbulkan tingkat konsumtifitas yang tinggi dan berdampak buruk terhadap pengelolaan keuangan.

PromosiFood Estate Rawan Menjadi Cultuurstelsel Baru

Kalau kita hanya sekali dua kali melakukan kebiasaan yang justru bikin boros ini nggak masalah. Tapi, kalau keterusan bisa bahaya. Karena itu tips keuangan kali ini membahas penting sekali mengetahui apa saja hal-hal yang tanpa sadar justru bikin boros itu supaya dapat kita hilangkan.

Berikut ini sejumlah kebiasaan yang justru bikin boros seperti dikutip dari benefits.bankmandiri.co.id, Kamis (25/11/2021):

1. Pembelian Impulsif

Salah satu kebiasaan yang bikin kita boros adalah melakukan pembelian impulsif. Siapa yang suka standby di e-commerce favorit tiap tanggal kembar seperti 10.10? Kalau melihat diskon tuh rasanya kalap deh, pengen beli semua dengan alasan “mumpung diskon” padahal kita juga gak butuh-butuh banget.

Baca Juga: Ingin Bobok Pulas? Lakukan Kebiasaan Ini Sebelum Tidur

Spending habit yang satu ini biasanya di luar rencana. Nah, gimana supaya uang nggak habis buat hal-hal yang di luar rencana? Nggak ada kunci lain selain melatih diri supaya lebih disiplin.

2. Latah Ikutan Belanja

Spending habit yang satu ini sering terjadi karena pengaruh lingkungan. Saat kumpul bareng teman, lihat teman punya smartphone baru, rasanya pengen beli juga biar gak ketinggalan tren, padahal gak ada budget-nya. Who can relate?

Hubungan dengan sesama memang penting. Tapi, kamu perlu mempertimbangkan dampaknya terhadap kondisi keuangan. Pikirkan matang-matang sebelum membeli sesuatu yang sebenarnya belum perlu.

3. Tidak Mencatat Pengeluaran

Tidak tahu secara pasti uang sudah kamu keluarkan untuk apa saja sangat bahaya! Kamu bisa saja bayar tagihan yang sama 2x karena kamu lupa sudah bayar atau belum. Kalau ada penghematan yang bisa dilakukan, kamu juga jadi gak bisa melakukannya karena gak ada patokan.

Baca Juga: Ketahui 5 Postur Buruk untuk Tubuh dan Kesehatan

Jadi, jika selama ini kamu tidak pernah sama sekali atau jarang mencatat pengeluaran, kamu bisa mulai melakukannya secara teratur untuk kondisi finansial yang lebih baik.

4. Menabung dari Sisa-sisa Uang

Tips agar tidak boros berikutnya adalah jangan pernah menabung hanya dari uang sisa. Setelah menerima gaji atau pemasukan lainnya, segera sisihkan sebagian untuk tabungan dan gunakan sisanya untuk membayar tagihan atau belanja kebutuhanmu.

Saran para perencana keuangan, kamu bisa menyisihkan minimal 10%-20% dari total pemasukan untuk ditabung. Tentu saja angka ini bisa lebih besar, tergantung besar-kecilnya kebutuhanmu dan strategi budgeting yang kamu gunakan.

 


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago