Waspada! Ini Gejala TBC Tulang Sendi pada Anak

TBC tulang terjadi ketika tubuh terjangkit infeksi bakteri penyebab TBC yaitu Mycobacterium tuberculosis, kemudian bakteri tersebut menyebar ke luar paru-paru.
Waspada! Ini Gejala TBC Tulang Sendi pada Anak
SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak sakit (freepik)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda apakah tuberkulosis tulang atau TBC tulang itu? Ya, TBC tulang merupakan penyakit yang menginfeksi atau menyerang tulang dan sendi. Bagian yang paling mudah terinfeksi bakteri Tuberkulosis ialah tulang belakang atau disebut dengan Spondilitis TB.

TBC tulang terjadi ketika tubuh Anda terjangkit infeksi bakteri penyebab TBC yaitu Mycobacterium tuberculosis, kemudian bakteri tersebut menyebar ke luar paru-paru. Ketika Anda telah terpapar bakteri tuberkulosis, bakteri tersebut dapat berpindah melalui aliran darah Anda dari paru-paru atau kelenjar getah bening menuju tulang, tulang belakang, atau sendi.

Umumnya, tuberkulosis dapat ditularkan dari seseorang ke orang lain melalui udara. Mengutip berbagai sumber, di antaranya laman tbindonesia.or.id dan rs-jih.co.id, Rabu (8/12/2021), penyakit TBC tulang atau TBC tulang sendi tak hanya bisa terjadi pada orang dewasa tapi juga dapat menjangkiti anak-anak. Oleh sebab itu, orang tua harus waspada jika menemui gejala yang tidak biasa pada buah hati.

Baca juga: Cotton Bud Tak Direkomendasikan, Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga

Berikut gejala TBC tulang sendi pada anak yang bisa kita waspadai:

– Nyeri di punggung bagian tertentu
– Hilangnya nafsu makan
– Keringat dingin
– Suka terbangun di malam hari
– Kelemahan anggota tubuh bagian bawah
– Anak biasanya pucat, lesu, dan mengalami anemia
– Ketidakmampuan anak untuk berjalan

Lalu bagaimana memastikan anak-anak dengan gejala tersebut terinfeksi TBC tulang atau tidak? Penyakit TBC tulang dapat diketahui dengan cara melakukan berbagai pemeriksaan seperti Rontgen, CT Scan, dan MRI. Oleh sebab itu, segera konsultasikan ke dokter terdekat untuk penanganan yang lebih cepat ya bila Mommies mendapati beberapa gejala-gejala di atas pada anak Anda.

Baca juga: Cegah Sejak Dini, Vaksinasi MR Lindungi Anak dari Campak & Rubella


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago