SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintasi banjir di Semanggi, Jakarta, Senin (11/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Hampir seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga 10 Maret 2018.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat yang meningkat di sebagian besar wilayah Indonesia hingga 10 Maret 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R Prabowo mengatakan kondisi atmosfer pada rentang waktu tersebut diindikasikan mengalami peningkatan. Hal itu ditandai dengan aliran udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia.

“Kondisi tersebut diperkirakan mengakibatkan potensi hujan dengan intensitas lebat terjadi di beberapa wilayah Indonesia hingga 10 Maret 2018,” kata Mulyono, Kamis (8/3/2018).

Dia menyebutkan wilayah-wilayah tersebut adalah Sumatra Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Selain itu, hujan meluas hingga Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

BMKG mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah tersebut. “Waspada juga terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya