SOLOPOS.COM - Ilustrasi Cuaca ekstrem.(JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem saat liburan akhir tahun 2022.

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem. Menurutnya bencana bisa datang kapan saja mengingat Indonesia juga merupakan negara yang rawan bencana alam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Belajar dari pengalaman terjadinya bencana, khususnya cuaca esktrem, tanah longsor, banjir. Itu kejadiannya tidak dalam waktu lama. Boleh saja wisata, boleh saja berlibur, tapi liat cuaca ya, lihat kondisi. Jangan maksa,” kata Suharyanto, Selasa (27/12/2022).

Suharyanto mengingatkan kejadian gempa Cianjur yang hanya terjadi dalam tujuh detik. Namun, gempa tersebut mengakibatkan 60.000 rumah hancur dan 600 orang meninggal dunia.

“Itu menunjukkan bahwa memang kita tinggal di daerah rawan bencana. Bencana itu bisa datang setiap saat dalam waktu yang singkat, tetapi akibatnya sangat memprihatinkan,”paparnya.

Baca Juga : Hati-Hati Wisata ke Pantai, BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Selatan Jabar-DIY

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk memiliki nalar tentang gempa, terutama saat bergerak dari satu wilayah ke wilayah lain maupun ketika sedang berdiam diri di satu tempat. Khususnya, tuturnya, saat terjadi cuaca ekstrem yang berpotensi bahaya.

“Kalau memang sudah hujan, satu jam berturut-turut, lihat di depan jarak beberapa meter sudah enggak terlihat, itu sudah harus hati-hati,” ujarnya.

Selain itu, ia meminta masyarakat segera mencari tempat aman apabila tinggal di daerah dataran yang lebih rendah. Imbauan lainnya apabila berteduh untuk mencari tempat yang aman.

“Kalau berteduh misalnya di rumah makan yang di belakangnya tebing, harus segera pindah. Pengalaman selama ini, itu yang terjadi. Kami lihat di Cianjur, Warung Sate Shinta, itu hanya hitungan detik, beberapa puluh orang terkena [longsor],” ungkapnya.

Dia juga meminta masyarakat yang tinggal di lembah-lembah untuk meninggalkan rumahnya apabila hujan dalam jangka waktu lama. “Sementara mengungsi ke tetangganya yang kebetulan mempunyai tempat atau rumah yang tidak berada di bawah tebing.”

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Waspada Cuaca Ekstrem, BNPB Minta Warga Jangan Maksa Liburan Akhir Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya