SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kapal wisata yang bersandar di Pelabuhan Pelni Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Solopos.com, LABUANBAJO — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga dan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) agar mewaspadai cuaca buruk pada periode natal hingga tahun baru 2023.

“Walaupun cuaca buruk tidak terjadi setiap saat, tetapi warga harus waspada ketika beraktivitas di laut. Kondisi cuaca saat ini diprakirakan hujan lebat dalam periode natal hingga tahun baru,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo, Sti Nenotek, Selasa (27/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan peringatan dini gelombang tinggi dari BMKG, ada peluang terjadi gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di beberapa titik, di antaranya, Selat Sape bagian selatan.

BMKG menyarankan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk selalu waspada. Masyarakat diminta mencari informasi terkait cuaca dari BMKG.

Selain itu, saran keselamatan juga diberikan ke nelayan dan pengelola kapal pesiar yang akan membawa wisatawan berkunjung ke pulau-pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Baca Juga : Hati-Hati Wisata ke Pantai, BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Selatan Jabar-DIY

Sti mengatakan terkait aktivitas pelayaran kewenangan sepenuhnya berada pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo.

Kepala KSOP Kelas III Labuan Bajo, Hasan Sadili, menyebut telah mengeluarkan surat edaran penundaan keberangkatan kapal di wilayah kerjanya. Surat edaran tersebut dibuat karena siaran pers dari BMKG tentang peringatan waspada cuaca ekstrem selama periode natal hingga tahun baru.

Surat edaran itu ditujukan bagi pelayaran kapal wisata di perairan Manggarai Barat untuk melindungi wisatawan dan kapal dari dampak cuaca ekstrem saat musim hujan. Hasan mengatakan persetujuan berlayar ditunda oleh Syahbandar sembari melihat perkembangan informasi cuaca ekstrem dan gelombang tinggi di perairan Manggarai Barat.

“Apabila dalam waktu dekat terjadi perubahan cuaca menjadi normal, maka kapal diberi persetujuan berlayar sebagaimana mestinya,” tutur Hasan.

Baca Juga : Waspadai, Hujan Ringan hingga Lebat di Tanah Air pada Selasa 27 Desember 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya