Waspada! 5 Penyakit Berbahaya Ini Mengancam Penderita Obesitas

Waspada! 5 Penyakit Berbahaya Ini Mengancam Penderita Obesitas
SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita obesitas. (Freepik)

Solopos.com, KARAWANG – Kematian Satia Putra, bocah yang mengalami obesitas asal Karawang, Jawa Barat, menyisakan duka. Bocah berusia tujuh tahun berbobot 101 kilogram itu meninggal dunia, Sabtu (28/9/2019).

Dilansir Detik, menurut pihak keluarga, Satia Putra meninggal akibat sakit asma. Selain asma, ada beberapa penyakit lain yang muncul akibat berat badan berlebih.

Dikutip dari Everyday Health, Minggu (29/9/2019), berikut beberapa penyakit yang mengganggu kesehatan akibat obesitas:

Kanker

Sejumlah pakar kesehatan menyebutkan obesitas memicu kanker. Jumlah lemak yang berlebih di dalam tubuh sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan sel kanker. Obesitas pada pria memicu kanker prostat. Sementara pada wanita menyebabkan kanker rahim.

Batu empedu

Batu empedu terbentuk dari hasil pengendapan lemak dan kolesterol di dalam empedu. Kadar lemak yang berlebihan jika tidak bisa diurai akan berbahaya bagi kesehatan empedu.

Diabetes

Risiko terkena salah satu penyakit mematikan ini meningkat dua hingga tiga kali lipat pada orang yang kegemukan.

Asma

Obesitas memang menyebabkan asma. Profesor dari Universiti of Kentucky College of Medicine, Amerika Serikat, Beth A Miller, mengatakan, kelebihan berat badan memperberat kerja paru-paru. Saluran napas akan tersumbat, sehingga rentan iritasi dan peradangan akibat banyaknya lemak dalam tubuh.

Migrain

Migrain merupakan penyakit umum yang biasa dialami penderita obesitas. Kelebihan lemak di tubuh menyumbat pembuluh darah. Hal itu mengakibatkan aliran oksigen ke otak tidak lancar.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago