top ear
Soto Pak Sri di Solo (Instagram/@solopunya).
  • SOLOPOS.COM
    Soto Pak Sri di Solo (Instagram/@solopunya).

5 Rekomendasi Warung Soto di Solo, Langgananmu Nomor Piro Lur?

Kulineran di Solo jangan lupa untuk menikmati hangatnya semangkuk soto di lima rekomendasi warung soto di bawah ini. Langgananmu bukan?
Diterbitkan Senin, 21/09/2020 - 10:39 WIB
oleh Solopos.com/Nugroho Meidinata
4 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Soto, salah satu kuliner di Kota Solo, Jawa Tengah ini patut dicoba saat berkunjung ke daerah ini.

Ada banyak warung soto yang tersebar di seantero Kota Solo. Dari warung pinggir jalan, pedagang kaki lima, hingga rumah makan.

Penyedap Alami Pengganti MSG, Sudah Pernah Coba?

Makanan berkuah ini cocok disantap tak kenal waktu. Bisa untuk sarapan, makan siang, atau pun malam hari. Tak heran, soto menjadi salah satu makanan yang digemari masyarakat.

Nah, kali ini Solopos.com akan merekomendasikan lima warung soto yang ada di Solo dan patut Anda coba. Apa saja lima warung soto tersebut?

Haruskah Pakai Masker Saat Berkendara di Mobil Sendirian?

1. Soto Gading

Jokowi, Megawati dan sejumlah tokoh politik menikmati soto di Soto Gading Solo, Sabtu (14/2/2015). (JIBI/Solopos/Antara)
Jokowi, Megawati dan sejumlah tokoh politik menikmati soto di Soto Gading Solo, Sabtu (14/2/2015). (JIBI/Solopos/Antara)

Warung soto ayam yang terletak di Jalan Brigjen Sudiarto Nomor 77, Solo ini menjadi langgananan Presiden Jokowi dan keluarga.

Tak hanya Presiden Jokowi, beberapa artis papan atas juga pernah berkunjung ke warung soto satu ini. Beberapa di antaranya adalah Yuni Shara, Najwa Shihab, Rano Karno hingga desainer ternama Didiet Maulana.

Begini Cara Bikin Masker Lidah Buaya, Rahasia Awet Muda Yuni Shara

Ketika berkunjung ke warung soto ini, jangat terkejut dengan pengunjungnya yang bejubel. Pasalnya, Soto Gading ini terkenal tak pernah sepi pembeli. Warung ini buka dari pukul 06.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Aneka lauk pauk terjajar rapi di meja warung soto ini. Ada perkedel, tempe, sosis Solo, sate ayam, martabak, dan lain sebagainya.

Musik Bisa Menurunkan Berat Badan? Begini Caranya

2. Soto Triwindu

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #FEEDTHEGODZILLA (@godzillatummy) on

Tak hanya Soto Gading, Soto Triwindu yang berlokasi di Jl Teuku Umar, Keprabon, Solo ini juga menjadi langganan Presiden Jokowi dan keluarga. Bahkan, Soto Triwindu masuk di kanal Youtube Presiden Joko Widodo.

Warung soto yang sudah ada sejak 1939 ini menyajikan soto daging sapi. Dalam satu porsinya, Soto Triwindu ini dilengkapi dengan nasi putih, taoge, daging sapi, dan guyuran kuah hangat nan gurih.

Cara Hemat Bensin Motor Matic, Nomor 3 Kerap Disepelekan

Bermacam-macam lauk pauk juga ada di warung soto satu ini. Ada tempe, sate telur puyuh, tahu, kerupuk kulit, hingga lentho tersedia di warung ini. Jika ingin berkunjung ke warung soto ini, Soto Triwindu sudah buka dari pukul 05.30 WIB hingga 15.30 WIB.

Bakso Bakar Hits Pak'e Ida Solo, Tanpa Pelet Bisa Bikin Lengket

3. Soto Segeer Hj Fatimah

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SOLO FOODIE || KULINER SOLO (@solo.foodie) on

Warung soto yang mempunyai tagline Soto Segeer Hj Fatimah Boyolali ini memiliki banyak cabang di Pulau Jawa, dari Boyolali, Solo, Yogyakarta, Tangerang dan Klaten.

Untuk di Solo, warung ini berada di Jalan Bhayangkara, Tipes, Solo.

Resep dan Cara Membuat Odading, Jajanan yang Lagi Viral

Soto Segeer Hj Fatimah Solo buka dari pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Menyantap satu porsi Soto Fatimah tambah nikmat dengan pilihan lauk pauk yang tersedia di meja. Mulai dari aneka sate, tahu goreng, kerupuk, hinggga mendoan bisa menjadi teman ketika menyantap Soto Fatimah.

Misteri Kuntilanak Ngesot Hingga Sosok Rambut Gimbal di Terminal Tirtonadi Solo

Namun, jangan lupa untuk menyicipi mendoan yang ada di Soto Fatimah. Pasalnya, mendoan di sini menjadi lauk favorit pengunjung.

4. Soto Pak Sri

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Solo Explore Info Kuliner Solo (@solopunya) on

Tak sulit untuk menemukan warung Soto Pak Sri ini karena berada di pusat Kota Solo, tepatnya berada di Jl Dr Radjiman (100 barat Plaza Singosaren).

Soto ini termasuk legendaris di Solo karena sudah ada sejak tahun 1980-an. Bermula dari gerobak keliling, kini Soto Pak Sri sudah mempunyai lapak sendiri di Jl Dr Radjiman.

Takut Suami Selingkuh? Cek Tanda-tanda Pasangan Setia di Sini

Di sini, ada dua varian soto, yaitu soto daging sapi dan soto ayam. Jika ingin menambah jeroan pun bisa.

Nggilani Lur! Ini yang Terjadi Jika Lalat Hinggap di Makanan

5. Soto Ayam Kampung Pak Timbul

kuliner malam di solo
Warung Soto Ayam Kampung Pak Timbul di Solo (Istimewa/Aulianisa Salsabila).

Soto Ayam Kampung Pak Timbul Solo ini berbeda dengan warung soto di atas. Pasalnya, warung soto ini buka pada tengah malam, yaitu 00.00 WIB dan tutup pada 08.00 WIB.

Siapa sangka justru dengan jam buka yang dimulai dari tengah malam ini membuat kuliner Soto Ayam Kampung Pak Timbul di Solo sangat banyak penggemarnya.

Pas Untuk Diet! 5 Buah Ini Diklaim Bikin Kenyang Lebih Lama

Keunikan dari soto ayam yang terletak di Jl Honggowongso No 107 B, Jayengan, Serengan ini tidak sampai situ saja, harga dari satu mangkuk soto ini tergolong murah, yakni Rp5.000 saja.

Selain dari satu mangkuk soto yang lezat dan segar ini, aneka gorengan seperti mendoan juga menjadi incaran bagi para penikmat salah satu kuliner malam di Solo. Tak heran warung soto yang sudah buka sejak 20 tahun lalu ini selalu ramai oleh pembeli.

Ternyata Pisang Bisa untuk Skincare, Gimana Cara Membuatnya?

“Mulai jualan soto itu 20 tahun yang lalu, sebelumnya jualan mi ayam. Sehari itu banyak bisa habis banyak banget sampai gak kehitung. Mungkin karena murah dan kenyang jadi orang-orang pada suka ya,” jelas Sri Mariyati selaku pemilik dari Soto Ayam Kampung Pak Timbul kepada Solopos.com, Minggu (9/8/2020).

Ini Resep Nasi Mandi Seperti yang Pernah Dibikin Syekh Ali Jaber

Makanan Pereda Stres, Nomor 2 Doyan Enggak?

Referensi Kuliner Solo Lainnya


Editor : Profile Nugroho Meidinata
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci : #Kuliner #kuliner solo

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini