SOLOPOS.COM - Suasana warung makan Pak Solet di Benowo, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (29/6/2022). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Warung Solet menjadi jujukan para pecinta kuliner meski lokasinya terbilang ndelik alias tersembunyi di Benowo, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Di warung itu, tersedia aneka sajian menu masakan jawa.

Koki sekaligus generasi kedua pemilik Warung Solet, Wiwik, 62, mengaku telah berjualan sejak seperempat abad lalu. “Kalau saya sudah 25 tahunan tapi kalau dihitung jaman ibu saya dulu ya sudah lama banget. Mungkin 50 tahunan sudah lebih,” katanya saat ditemui Solopos.com di warungnya, Rabu (29/6/2022),

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Perempuan yang memasak sembari duduk itu menyajkan pesanan pelanggan dengan cekatan. Setiap pelanggan yang datang dibuatkan masakan satu per satu di kompor dua tungku itu. Di warungnya, dia menawarkan menu yang dibanderol dari harga Rp8.000 hingga Rp15.000 per porsi.

Seperti tahu acar, pengunjung hanya perlu membayar dengan harga Rp8.000 per porsi. Sementara untuk nasi goreng, bakmi godog atau goreng, dan capjay telur dibanderol dengan harga Rp13.000 per porsi. Lebih lanjut untuk per porsi capjay istimewa maupun paklay dipasang harga Rp15.000. Sedangkan untuk nasi sup pengunjung hanya perlu membayar Rp12.000/porsi.

“Kalau untuk makanan biasanya yang paling banyak diminati pengunjung capjay sama sop,” katanya sambil memasak. Menu minuman sendiri selain teh dan jeruk di warungnya juga menyediakan jamu seperti beras kencur, kunyit asem, dan gula asem.

Baca juga: Heboh, Gubernur Ganjar Diserbu Emak-Emak Saat Kunjungi Sukoharjo 

Suasana yang disajikan dalam warung itu juga terlihat sedehana. Warung yang minim lahan parkir itu selalu dipadati pengunjung. Sementara itu, beberapa pengunjung mengaku mengetahui lokasi warung yang tersembunyi itu dari mulut ke mulut, seperti salah satunya, Amir, 38.

“Ini baru pertama kali diajakin ke sini, tadi diajakin teman. Masaknya natural ya, jawa banget. Sesuai selera. Ini baru satu meu yang saya cicipi jadi tidak bisa berkomentar banyak, tapi kemungkinan akan kembali lagi mencoba menu yang lain,” kata dia di sela-sela menikmati hidangan.

Pengunjung lain, Siti Tatqiroh, 46 mengaku telah beberapa kali singgah di warung itu dia bahkan merekomendasikan warung itu kepada beberapa rekannya.

“Dulu tahu tempatnya dari teman daerah sekitar Gentan. Ngasih tahu saya, terus diajakin ke sini. Jadi sering balik ke sini lagi ngajakin teman-teman juga. Di samping harganya yang tidak mahal, standar murah lah, dan rasanya pas. Kalau saya menu favorit di sini yang pasti yang berkuah,” kata dia.

Baca juga: Beli Sayur di Warung Rudy 21 Mojolaban Sukoharjo Pakai Nomor Antrean

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya