SOLOPOS.COM - Warteg Warmo Jadi Mulya Tebet, Jakarta Selatan (Instagram/@saint_helen_andrea_)

Solopos.com,  JAKARTA — Ada sekitar 2.000 unit Warung Tegal atau Warteg tersebar di DKI Jakarta dan salah satu yang paling terkenal adalah Warteg Warmo “Jadi Mulya” yang berlokasi di Jalan Tebet Timur Raya, Jakarta Selatan. Warteg ini dikenal sebagai raja dari segala warteg yang sudah berdiri sejak 1970. Keunikan dari warteg ini adalah jam operasionalnya, yaitu 24 jam sehingga jika ada yang kelaparan di waktu-waktu tertentu bisa mengunjungi warteg ini atau bisa menggunakan jasa pesan antar.

Dilansir dari Liputan6.com, Kamis (23/12/2021), lokasi Warteg Warmo ini berada di salah satu persimpangan yang ramai di kawasan Tebet. Saat pertama kali berdiri di tahun 1970, kawasan tebet itu merupakan kawasan pemukiman terencana pertama di Jakarta. Namun sekarang, kawasan tersebut menjadi jalan-jalan sempit hingga memicu adanya pemukiman kumuh di tengah-tengah wilayah yang awalnya diniatkan menjadi kawasan mentereng.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun tidak disangka di kawasan yang dikenal kumuh tersebut berdiri Warteg Warmo legendaris yang didirikan oleh kakak beradik yang berasal dari Sidatakon, Kota Tegal, Jawa Tengah, bernama H. Dasir dan H.  Tumuh. Saat itu, H. Dasir berprofesi sebagai penarik becak saat pertama kali datang ke Jakarta lalu mencoba peruntungan dengan membuka warung sederhana dan ternyata menu yang disajikan disukai oleh berbagai kalangan.

Baca Juga: Misteri Dibalik Keindahan Danau Linting, Warna Air Berubah-ubah

Nama ‘Warmo’ Diberikan Raja Dangdut Rhoma Irama

Terkait penamaan, tak disangka juga nama Warmo diberikan oleh sang Raja Dangdut  Rhoma Irama karena lokasinya yang ada di pojok perempatan jalan. Warmo sendiri adalah singkatan dari Warung Mojok. Semakin berkembangnya jaman, eksistensi Warteg Warmo semakin naik karena banyak kalangan selebritis hingga pejabat negara, seperti Presiden yang menyempatkan diri datang ke warteg tersebut untuk menyantap hidangan rumahan yang terkenal lezat.

Selain itu, Warteg Warmo ini sering mendapat ulasan dari naravlog atau youtuber kekinian, mulai Michi Momo dan Han Yoo Ra di kanal YouTube MalesBanget.com, Ken & Grat, istri dari komikus Raditya Dika, Anissa Aziza, hingga ulasan acara kuliner di stasiun televisi.

Meskipun menyediakan beragam macam lauk, Warteg Warmo ini memiliki menu andalan yang selalu dipesan oleh pengunjung. Dilansir dari Okezone.com, ada tiga menu andalan yang di Warteg Warmo, di antaranya semur jengkol, rendang daging, dan daging serundeng.

Baca Juga: Keliling Dunia, Pilot Termuda Mendarat di Indonesia dan Makan Sate

Untuk harganya tergantung lauk yang dipilih karena masing-masing lauk memiliki harga yang berbeda-beda, semakin banyak lauk, harganya juga semakin tinggi. Seperti ulasan Anissa Aziza di kanal Youtubenya, dia membayar Rp71.000 untuk makanan yang dia pesan. Makanan yang dia pesan itu terdiri dari rendang daging, sayur mlinjo, ikan asin, sate ati ampela, bakwan jagung dan sate kulit ayam.

Warteg Warmo ini selalu ramai sepanjang hari, tidak kenal waktu kapan makan pagi, siang atau malam sehingga tak jarang banyak pelanggan yang ingin menikmati menu andalan di Warteg Warmo selalu kehabisan. Namun tidak perlu khawatir karena jam operasionalnya 24 jam, jika ada menu yang habis, pihak warteg akan memasak lagi. Karena sistem inilah, menu sajian di Warteg Warmo selalu fresh dan hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya