SOLOPOS.COM - Warga Demak yang sempat ikut disandera kelompok kriminal bersenjata di Mimika, Papua, menjalani pengecekan kesehatan setibanya di Bandara Ahmad Yani Semarang, Rabu. (JIBI/Solopos/Antara/ I.C.Senjaya)

Warga tersandera kelompok bersenjata Papua akhirnya pulang kampung ke Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Puluhan warga Kabupaten Demak dan Rembang, Jawa Tengah yang sempat manjadi bagian dari warga tersandera kelompok bersenjata di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (22/11/2017) malam, pulang ke kampung halamannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ke-43 orang yang terdiri atas 38 warga Demak dan lima warga Rembang tersebut pulang dalam satu rombongan pesawat melalui Bandara Ahmad Yani Semarang. Rombongan tersebut dijemput langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustriam Kabupaten Demak Eko Pringgolaksito di tempat mereka bekerja di Mimika.

[Baca juga Pembebasan Sandera Diwarnai Baku Tembak, 346 Warga Mimika Dievakuasi]

Menurut Eko, para tenaga kerja asal Jawa Tengah tersebut dalam kondisi sehat. “Secara fisik sehat, tetapi psikologisnya perlu kita bangun lagi,” katanya.

Para tenaga kerja ini sempat dibantu oleh warga pendatang yang tinggal di Papua selama proses evakuasi. Ia menuturkan untuk sementara para tenaga kerja ini diminta untuk kembali ketempat asalnya.

“Diminta pulang dulu, kalau situasi sudah aman bisa kembali bekerja di sana lagi,” katanya. Adapun berkaitan dengan adanya lima warga Rembang yang ikut dalam rombongan tersebut, Eko menyatakan akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten setempat.

Sebelumnya, warga Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah dilaporkan mendapat kawalan kelompok bersenjata berada di salah satu desa di Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Mereka dilarang keluar dari kampung setempat hingga aparat TNI dan Polri berhasil membebaskan mereka.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya