Warga Surabaya Siap-Siap, E-Tilang akan Diberlakukan Per 14 Januari

Polda Jatim akan memberilakukan e-Tilang di Surabaya per 14 Januari 2020.
Warga Surabaya Siap-Siap, E-Tilang akan Diberlakukan Per 14 Januari
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian surat bukti pelanggaran (tilang) ketentuan lalu lintas. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, SURABAYA — Polda Jatim akan memberlakukan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau e-Tilang di Surabaya per 14 Januari 2020. Uji coba penerapan e-Tilang ini akan dilakukan selama sepekan mulai Rabu (8/1/2020) besok.

Dengan penerapan e-Tilang ini, pengguna kendaraan tak akan melihat polisi melakukan razia di jalan-jalan. Keberadaan polisi di jalanan digantikan oleh kamera-kamera yang menjadi bagian dari sistem berbasis teknologi. Kamera ini yang akan mendeteksi pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis atau automatic number plate recognition.

Rekaman e-Tilang akan digunakan sebagai bukti dalam perkara pelanggaran lalu lintas.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Budi Indra Dermawan, menargetkan 100 pengguna kendaraan bermotor yang diberi tilang selama masa uji coba.

“Besok kami lakukan uji coba selama 7 hari dengan target minimal 100 pelanggar selama sehari,” kata Budi saat sosialisasi E-Tilang di Mapolda Jatim, seperti dilansir detik.com, Selasa (7/1/2020).

Untuk sementara ini, e-Tilang baru akan diterapkan di Surabaya. “Baru Surabaya aja, nanti Kapolda akan mengimbau juga pemerintah kabupaten/ kota di seluruh Jawa Timur untuk bisa menindaklanjuti ini memasang kamera di beberapa lokasi di daerah masing-masing,” lanjutnya.

Terkait sosialisasi, Budi mengatakan hal itu sudah dilakukan secara intens dalam beberapa bulan terakhir. “Ini bentuk sosialisasi bahwa kami akan menerapkan e-Tilang dan kita sudah lakukan sebulan, dua bulan yang lalu, masyarakat sudah mulai paham. Setahun dua tahun yang lalu, masyarakat pernah merasakan e-Tilang tapi sekarang kita lebih sempurnakan lagi,” paparnya.

Di kesempatan yang sama, Budi mengimbau masyarakat untuk tetap tertib di jalanan jika tak ingin mendapatkan tilang dari polisi.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago