SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di jalan penghubung dua desa yakni Sriharjo dan Selopamioro yang ambrol. Tak kunjung diperbaiki, warga setempat membuat jembatan darurat yang dilengkapi dengan rel, Minggu (7/1/2018). (Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara)

Lahan persawahan warga yang berada di utara jalan akan terpakai untuk pembangunan jalan

Harianjogja.com, BANTUL-Kepala Dukuh Wunut, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri Sugianto menyatakan, warga siap jika lahannya digunakan untuk relokasi jalan penghubung dua desa yakni Sriharjo dan Selopamioro yang ambrol.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada wacana jalan tersebut diperbaiki dengan diganti jalan yang baru di sebelahnya,” ungkap dia kepada Harianjogja.com, Minggu (7/1/2018).

Ekspedisi Mudik 2024

Sugianto menyebut jalan tersebut berstatus jalan kabupaten yang kewenangan perbaikannya ada di Pemkab Bantul. Pasca-tergerus beberapa bulan yang lalu, ia mengaku telah berkomunikasi dengan dinas terkait. Tim dari dinas pun telah meninjau lokasi tersebut.

Baca juga : Jalan tak kunjung diperbaiki, warga gunakan rel

Meskipun belum ada keputusan resmi, setelah peninjauan lokasi tersebut sempat ada wacana agar jalan dibelokkan sedikit ke utara. Artinya, lahan persawahan warga yang berada di utara jalan akan terpakai untuk pembangunan jalan.

Pasalnya, jika tidak digeser ke utara, tidak ada cara lain kecuali menyambung kembali jalan yang terputus. Sugianto mengatakan, hal itu sulit dilakukan karena penguatan tanah harus diutamakan. Lantaran kondisi tanah yang rawan tergerus air sungai.

“Memang belum ada omongan resmi, tapi prinsipnya warga ikut pemerintah. Apalagi ini jalan untuk kepentingan umum,” ujarnya.

Sugianto menjelaskan, setelah tahap peninjauan lokasi, ia belum mendapat kepastian selanjutnya kapan perbaikan jalan akan mulai dilakukan. Padahal menurutnya, warga sangat bergantung pada jalan tersebut. Terlebih lagi, sembilan rel yang digunakan untuk alas jalan darurat hanyalah sementara. Sebab statusnya merupakan pinjaman dari Pabrik Gula Madukismo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya