SOLOPOS.COM - Disiplin memakai masker bisa cegah anak jadi penyebar corona ke orang lain (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B. Harmad, menyebut kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan mengalami penurunan. Padahal protokol kesehatan sangat penting diterapkan sebagai upaya melindungi diri dari penularan virus corona.

Dalam diskusi virtul bertajuk Varian Baru Covid-19, Sonny mengatakan kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan sempat meningkat pada September hingga pertengahan November 2020. Tetapi setelah November sampai saat ini justru terjadi penurunan.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Tingkkat kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan, khususnya memakai masker, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas ini sangat berpengaruh terhadap kenaikan kasus harian. Terbukti berdasarkan pengamatan Solopos.com belakangan ini terjadi lonjakan peningkatan kasus Covid-19 yang cukup banyak.

Baca juga:  Hiii Serem.... Ada Pocong Covid-19 di Perempatan Pagotan Madiun

Mudik yang menandai peningkatan mobilitas penduduk menjadi salah satu penyebab naiknya kasus harian Covid-19 setelah Lebaran. Sonny pun menjelaskan bahwa peningkatan mobilitas penduduk selalu diikuti penurunan kepatuhan penerapan protokol kesehatan.

Seperti dijelaskan Solopos.com sebelumnya, penerapan protokol kesehatan 5M merupakan salah satu upaya melindungi diri dan mencegah penularan Covid-19 yang lebih luas.

Pemakaian masker dan kebiasaan mencuci tangan merupakan perilaku hidup bersih dan sehat yang wajib diterapkan, khususnya selama pandemi Covid-19 masih merebak.

Baca juga: Covid-19 Varian India Masuk Jateng!

Selain itu warga juga diimbau untuk menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Hal ini sangat penting dilakukan karena mobilitas sering kali menjadi pemicu seseorang terpapar virus corona yang saat ini semakin sulit terdeteksi sumber penularannya.

Apalagi saat ini virus corona terus bermutasi dan tidak bisa dihentikan begitu saja. Oleh sebab itu, protokol kesehatan sudah semestinya diterapkan dengan ketat untuk mencegah penularan Covid-19 sembari menunggu giliran mendapatkan vaksin untuk menambah kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya