Warga Korea Selatan Berburu Meteorit Rp936 Juta

Warga Korea Selatan Berburu Meteorit Rp936 Juta
SOLOPOS.COM - Salah satu meteorit yang ditemukan di greenhouse atau rumah kaca di kawasan Jinju Korea Selatan. (Veooz.com)

Solopos.com, SOLO – Ratusan warga Korea Selatan kini tengah berburu potongan meteor yang jatuh dari angkasa. Sisa meteorit yang mereka cari itu itu ditaksir bernilai US$83.000 atau setara dengan Rp936 juta.

Dalam perburuan meteorit itu, mereka rela menjelajahi bukit dan sawah di dekat Kota Jinju setelah hujan meteorit langka yang melanda daerah tersebut, 9 Maret 2014 lalu. Menurut media setempat, beberapa dari mereka bahkan membawa peralatan canggih seperti global positioning system (GPS) dan detektor logam.

Seorang pejabat dari Cultural Heritage Administration of Korea (CHAK) mengatakan kepada kantor berita internasional yang dikutip Dailymail, meteor yang jatuh di wilayah Korea Selatan itu merupakan jenis chondrites yang bernilai tinggi dan membuat penemunya mendapatkan banyak pundi-pundi uang.

Pemilik rumah kaca di daerah Jinju telah memasang tanda-tanda peringatan dari adanya penyusup setelah sebuah meteorit besar pertama dengan berat mencapai 9 kg ditemukan di sebuah rumah kaca miliknya. Sedangkan meteorit kedua ditemukan oleh warga setempat dengan berat mencapai 4 kg.

Para ilmuwan mengatakan bahwa kedua batu tersebut ditemukan dua hari setelah hujan mereorit yang melanda negara tersebut. Mereka juga memperkirakan masih ada beberapa batu yang masih belum ditemukan yang ditaksir memliki nilai ekonomi yang tinggi.

“Karena diduga meteorit terbagi menjadi lebih dari dua potong, masih mungkin puing-puing meteorit lainnya akan ditemukan,” kata seorang petugas Korea Polar Research Institute seperti dikutip Daily Mail, Selasa (18/3/2014).

Meteor langka tersebut dihargai dengan kisaran harga yang sangat fantastis, yakni sekitar US$5 hingga US$10 per gram atau setara dengan Rp56.000 hingga Rp113.000 per gram. Sedangkan meteorit yang ditemukan Minggu lalu seberat 9 kg ditaksir mencapai harga Rp1 miliar lebih.

Tak heran banyak masyarakat Korea Selatan kini disibukkan dengan menjadi pencari harta karun dadakan yang dikabarkan bernilai Rp936 juta.

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago