[ X ] CLOSE

Warga Karanganyar Salat Id di berbagai lokasi

Warga Karanganyar Salat Id di berbagai lokasi
SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Solopos.com)–Sebagian warga Karanganyar menggelar Salat Idul Fitri pada Selasa (30/8/2011) pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

Selain digelar di halaman Masjid Agung Karanganyar, Shalat Hari Raya itu juga digelar di berbagai lokasi di Bumi Intanpari.

Lokasi tersebut antara lain di Masjid Al Mukaromah Karanganyar, SMP Muhammadiyah 2, Masjid Al Huda Tegalasri, halaman RSU PKU Karanganyar dan halaman SD Muhammadiyah Ngrawoh.

Di Masjid Agung, yang bertindak selaku pemimpin shalat dan khotib, yakni Ketua Takmir Masjid Agung, Abdul Muid. Pantauan Espos di sana, ratusan jamaah putra memadati halaman masjid dan jalan raya depan masjid. Sementara untuk jamaah putri, melaksanakan shalat di Alun-alun Karanganyar, yang lokasinya tidak jauh dari masjid.

Sejumlah petugas dari Polres Karanganyar juga terlibat dalam pengamanan Shalat Id. Petugas tersebut antara lain berjaga-jaga di pinggir lokasi shalat.\

Salah satu warga Karanganyar yang turut serta dalam Shalat Id pagi itu, Rosalina Intan, mengaku ikut Shalat Idul Fitri pada Selasa pagi karena ia meyakini 1 Syawal jatuh pada hari Selasa (30/8/2011).

“Meskipun pemerintah baru memutuskan Shalat Id dilakukan besok Rabu (31/8), tapi itu tidak mempengaruhi keyakinan,” ujar Intan saat ditemui Espos usai Shalat Id di Masjid Agung Karanganyar.

Sementara itu dalam khutbahnya, Muid menyampaikan materi tentang menciptakan kondisi damai dan bahagia di kala Idul Fitri. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia dihadapkan pada dua hubungan, yakni hubungan kepada Tuhannya dan pada sesama manusia.

Di saat mengucapkan takbir, harus dibarengi dengan sikap menghambakan diri kepada Allah. Sedangkan yang kedua, sebelum melaksanakan Shalat Id, terlebih dahulu para umat islam diwajibkan untuk membantu sesama dengan membayar zakat.

Ia juga meminta agar persaudaraan dan toleransi antarasemsama harus dijaga, serta tidak mementingkan diri sendiri maupun kelompoknya.

(fas)



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago