Warga Jarang Makan Daging, Presiden Kirim Sapi Kurban ke Karanganyar

Kriteria desa penerima sapi kurban dari Presiden Jokowi, yakni desa tertinggal, banyak warga kurang mampu dan warganya jarang makan daging
Warga Jarang Makan Daging, Presiden Kirim Sapi Kurban ke Karanganyar

Solopos.com, PURWODADI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan sapi kurban untuk warga Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. Sapi jenis peranakan ongole (PO) tersebut pun sudah dipotong dan dibagikan ke warga, Rabu (21/7/2021).

Menurut Imam Ihwandi dari Biro Kesra Provinsi Jateng, sebenarnya ada tiga kecamatan di Kabupaten Grobogan yang disurvei sebelumnya. Yakni Kecamatan Kedungjati, Gabus, dan Kecamatan Geyer.

“Adapun kriteria penerima sapi kurban dari Presiden Jokowi adalah desa tertinggal, warganya jarang makan daging, dan banyak warga kurang mampu. Kami koordinasi dengan Kesra Setda Grobogan, akhirnya ditentukan Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer,” jelas Imam Ihwandi dalam sambutannya.

Baca juga: Salut, Sisihkan Gaji, Ketua DPRD Jateng Sumbang 3,6 Ton Beras

Kepala Desa Karanganyar, Mas’in menjelaskan jika selama ini jarang ada kurban di desanya. Sehingga warga Desa Karanganyar berterima kasih ketika ada sapi kurban dari Presiden Jokowi pada Iduladha 2021.

“Dulu pernah ada 1-2 ekor kambing, bahkan dua tahun lalu sama sekali tidak ada kurban. Hal ini mengingat ada 1.200 keluarga kurang mampu. 2017 ada sapi kurba, tapi itu bantuan dari warga luar Jawa melalui saudara saya,” jelas Mas’in seusai pemotongan sapi kurban.

Karena banyak warga yang kurang mampu, ketika ada kurban kambing, lanjutnya, dagingnya tidak dibagi mentah. Karena itu tidak cukup, sehingga disiasati dengan dimasak semua dan untuk dimakan bersama di Masjid Baitul Muslimin.

“Tapi dengan adanya sapi kurban dari Presiden Jokowi, nanti dibagi mentah. Total ada sekitar 400 kepala keluarga [kk], jika dibagi mentah masing masing KK menerima 6 ons daging,” jelas Mas’in.

Baca juga: Waduh! Dispangtan Salatiga Temukan Cacing Hati di Hewan Kurban

Jenis Sapi PO

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng, Lalu Muhamad Syafriadi mengungkapkan sapi kurban dari Presiden jenis PO yang didatangkan dari Rembang. Ini merupakan sumber daya genetik hewan (SDGH) di Jateng yang telah ditetapkan melalui SK Menteri Pertanian.

“Kita harus bangga punya sapi jenis ini, karena beratnya tidak kalah dengan sapi-sapi jenis simental maupun limosin yang merupakan sapi import,” katanya.

Baca juga: PD Muhammadiyah Grobogan Sarankan Daging Kurban Diantar ke Penerima

Bupati Grobogan, Sri Sumarni menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang member perhatian dengan memberikan sapi kurban ke warga Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer.

“Desa Karanganyar menjadi satu-satunya Desa di Provinsi Jateng yang mendapatkan bantuan sapi kurban seberat satu ton tersebut. Setiap provinsi hanya dijatah satu hewan kurban,” kata Sri Sumarni.

Sementara itu Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi menyerahkan hewan kurban pada Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Getasrejo. Ada 7 ekor sapi kurban yang diserahkan pada Iduladha 2021. Ketua Panitia Korban, Kabag Sumda Kompol Ngadiyo mengatakan hewan kurban ini merupakan sumbangsih dari seluruh keluarga besar Polres Grobogan.

“Alhamdulillah, jajaran Polres Grobogan bisa berkurban sebanyak ini pada Iduladha 2021,” jelas Kompol Ngadiyo.

Sapi kurban
Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi menyerahkan sapi kurban ke RPH Getasrejo, Kecamatan Grobogan. (Solopos.com-Polres Grobogan)

 

 

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago