SOLOPOS.COM - Penggalangan dana untuk membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, dilakukan warga Dibal, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Minggu (12/12/2021). Salah satu sasaran penggalangan dana adalah pasar desa. (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI — Sejumlah warga bersama Pemerintah Deda Dibal, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, dan Linmas setempat menggalang dana untuk membantu warga terdampak musibah Gunung Semeru di Lumajang, Minggu (12/12/2021). Penggalangan dana dilakukan di pasar, jalan dan rumah warga.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pada Minggu pagi, sebuah panggung kecil berdiri di depan Kantor Desa Dibal. Warga menggelar konser amal dengan bermodal organ tunggal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Korban Meninggal Akibat Erupsi Semeru Bertambah Menjadi 46 Orang

Sebuah spanduk yang menerangkan adanya penggalangan dana untuk musibah erupsi Gunung Semeru, terpasang di panggung tersebut. Sementara ada petugas yang membawa kotak kardus untuk menggalang sumbangan dari pengguna jalan yang melewati Jalan Raya Ngemplak.

Ada petugas lain yang juga membawa kotak kardus. Mereka menggalang dana di Pasar Desa Dibal yang tidak jauh dari lokasi tersebut.

Kepala Desa Dibal, Budi Setiono, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian warga Desa Dibal atas musibah yang melanda masyarakat di lereng Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Viral Aksi Sukarelawan Tolong Seekor Bebek Terjebak Abu Vulkanik Semeru

Dia mengatakan penggalangan dana tersebut digelar untuk kali kedua. “Sebelumnya, Kamis lalu, sudah dilakukan. Kemudian ini kali kedua. Setelah ini nanti doa bersama dan akan dilakukan penyaluran bantuan,” jelas dia. Selain dilakukan di jalan dan pasar, penggalangan dana juga dilakukan di lingkungan warga, melalui masing-masing RT. Jumlah dana yang terkumpul ada sekitar Rp30 juta.

Aksi penggalangan dan tersebut juga dihadiri salah satu anggota DPRD Boyolali, Agus Sunaryo. Dia mengatakan kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari warga di Dibal.

“Ini melibatkan dari berbagai elemen masyarakat. Ada paguyuban seni di Dibal yang mengadakan konser di pinggir jalan, penggalangan dana warga masyarakat melalui RT, dan sebagainya. Dari kami hanya mendorong saja,” kata dia.

Baca Juga: Galang Dana Korban Semeru, Napi Solo: Kami Juga Punya Rasa Kemanusiaan

Dia mengatakan bantuan dari warga tersebut akan disalurkan melalui sebuah organisasi sukarelawan. “Sebab mereka yang lebih tahu apa yang dibutuhkan di sana,” kata dia. Dengan begitu diharapkan bantuan bisa lebih bermanfaat dan tepat sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya