SOLOPOS.COM - Suasana haru menyelimuti areal pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di Islamic Center Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022). (JIBI - Bisnis/ Wisnua Wage)

Solopos.com, BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merasa terharu putranya almarhum Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril didoakan di sepanjang jalan dari Gedung Negara Pakuan Bandung hingga permakaman di Islamic Center Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022).

Ridwan Kamil mengemukakan hal itu saat memberikan sambutan dalam pemakaman Eril.  Sambutan dilakukan seusai keluarga tuntas menabur bunga dan doa penutup dilantunkan sekitar pukul 11.49 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Innalilahi wa innailahi rojiun,” katanya membuka sambutan.

Baca Juga: Hujan Tak Surutkan Masyarakat Sambut Jenazah Eril di Bandung

Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih pada Presiden Jokowi, Wapres KH Ma’ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju, gubernur, wali kota dan bupati serta seluruh pihak yang membantu seluruh proses Eril dimulai dari pencarian, kepulangan hingga pemakaman.

Menurutnya, selama satu jam perjalanan dari Gedung Pakuan hingga Cimaung pihaknya melihat keiklasan banyak warga untuk memberikan doa pada Eril yang ditemukan di Sungai Aare, Bern, Swiss, Rabu (8/6/2022) lalu.

“Saya saksikan tadi dalam sepanjang perjalanan begitu ikhlasnya masyarakat mendoakan, begitu ridhonya masyarakat melepas kepergian Eril,” ujar Ridwan Kamil dalam tayangan live YouTube Kompas TV.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Jenazah Eril Dibawa ke Bandung Lewat Jalur Darat

Ridwan Kamil dalam kesempatan tersebut meminta jika ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh almarhum agar dimaafkan. Begitupula jika ada janji atau urusan yang belum ditunaikan Eril untuk menghubungi pihaknya dan keluarga.

Masyarakat dan pelajar mengumandangkan selawat mengiringi jenazah Eril ke permakaman Cimaung, Kabupaten Bandung. Mereka kompak berjejer sepanjang bahu jalan menuju area pemakaman.

Berdasarkan pantauan di lapangan, antusiantusisme masyarakat dan pelajar melepas kepergian Eril terlihat di sepanjang jalan dari Gedung Negara Pakuan menuju Cimaung, Kabupaten Bandung. Menjelang kawasan permakaman selawat dikumandangkan hingga jenazah masuk ke pintu gerbang area permakaman. Masyarakat juga terpatau melihat langsung di persawahan dekat dengan lokasi pemakaman.

Baca Juga: Penuh Haru, Ridwan Kamil Imami Ratusan Pejabat Salatkan Jenazah Eril

Petugas keamanan juga terlihat terus mengatur masyarakat agar lebih kondusif. Tidak lupa, mereka juga menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan menggunakan masker.

Jenazah Eril tiba di pemakaman Cimaung, Kabupaten Bandung tepat pada pukul 10.55 WIB. Mobil jenazah Eril masih sama dengan mobil yang sebelumnya digunakan waktu pemberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Gedung Pakuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya