SOLOPOS.COM - Spanduk di wilayah Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. (Antaranews.com)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah berharap para tokoh Nahdlatul Ulama (NU) turun ke desa tersebut untuk mengembalikan harmoni kehidupan warga. Seluruh penduduk Desa Wadas adalah warga NU.

Mereka berharap para tokoh NU mendamaikan warga yang terbelah dan menjurus konflik sosial karena sebagian pro dan sebagian kontra dengan rencana penambangan batu andesit. Wakil Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid alias Alissa Wahid telah datang ke Desa Wadas.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Warga Dusun Kali Gendol, Desa Wadas, Wagimin, mengatakan kehidupan sosial budaya masyarakat Desa Wadas rusak karena sikap sebagian warga yang pro dan sebagian yang kontra dengan rencana penambangan batu andesit sebagai material fondasi Bendungan Bener. Cerita lengkap bisa dibaca di Pembatalan Penambangan Batu Andesit Solusi Pulihkan Harmoni Desa Wadas.

Sejumlah organisasi masyarakat sipil mendorong Komisi II DPR berkomitmen mewujudkan keterwakilan perempuan minimal 30% dalam pemilihan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemiluhan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027 yang berlangsung Senin-Rabu (14-16/2/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Secara formal peningkatan keterlibatan perempuan diatur dengan baik dalam undang-undang. Peningkatan keterlibatan perempuan dalam politik didorong melalui tindakan afirmatif sekurang-kurangnya 30% keterwakilan perempuan di partai politik, lembaga legislatif, maupun di lembaga penyelenggara pemilihan umum (pemilu). Duduk perkara bisa dibaca di Mengapa Keterwakilan Perempuan di KPU dan Bawaslu Minimal 30% Penting.

Siaran pers Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menjelaskan dari 24 orang itu terdapat tujuh orang perempuan, yaitu empat orang perempuan calon anggota KPU dan tiga orang perempuan calon anggota Bawaslu.

Empat orang perempuan calon anggota KPU adalah Betty Epsilon Idroos, Dahliah Umar, Iffa Rosita, dan Yessy Momongan. Sedangkan tiga orang calon anggota Bawaslu adalah Andi Tenri Sompa, Lolly Suhenti, dan Mardiana Rusli. Data lengkap bisa dibaca di Keterwakilan Minimal 30% Perempuan di KPU dan Bawaslu adalah Wajib.

Bank plecit dikategorikan sebagai bank gelap atau ilegal. Kegiatan bank plecit murni utang piutang dengan perjanjian suku bunga tertentu. Perjanjian suku bunga yang disepakati dengan nasabah dianggap tidak sah sesuai ketentuan hukum perdata.

Kapolres Wonogiri Ajun Komisaris Besar Polisi Dydit Dwi Susanto meminta masyarakat korban penganiayaan bank plecit melapor ke kepolisian. Polres Wonogiri saat ini masih memeriksa para saksi.

“Kami sedang memeriksa lima saksi. Ada seorang saksi yang sedang diisolasi mandiri karena Covid-19, jadi kami masih menunggunya sampai pulih,” ujar  Dydit saat ditemui wartawan di Marlas Polres Wonogiri, Jumat (11/2/2022). Cerita lengkap bisa dibaca di Selain Ilegal, Bank Plecit Juga Tak Penuhi Syarat Sah Perjanjian Utang.

Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) 2022 menayangkan film-film terbaik Australia dan Indonesia bagi masyarakat di seluruh Nusantara. Festival diselenggarakan pada 19-27 Februari 2022 secara daring. Penonton dapat menikmati tujuh film dalam festival ini secara gratis.

Ini adalah kali kedua FSAI diselenggarakan secara daring. Penonton di Indonesia akan mendapatkan akses eksklusif ke beragam pilihan film Australia dan Indonesia yang tersedia melalui streaming online secara gratis.

FSAI 2022 dibuka dengan pemutaran perdana film Jasper Jones di Indonesia. Ini adalah sebuah film drama kehidupan remaja pada 1960-an di Australia Barat yang dibintangi oleh Toni Collette dan Hugo Weaving. Selengkapnya bisa dibaca di Menikmati Tujuh Film Australia dan Indonesia Gratis Secara Daring.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya