Warga Borangan Semarang Temukan Benda Arkeologi, Diduga Peninggalan Suku Kalang

Peninggalan Suku Kalang ditemukan di lahan Perhutani di Kabupaten Semarang. Suku kalang merupakan bagia dari Suku Jawa yang hidup di zaman purbakala.
Warga Borangan Semarang Temukan Benda Arkeologi, Diduga Peninggalan Suku Kalang
SOLOPOS.COM - Warga Dusun Borangan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang tengah menunjukkan temuan benda arkeologi yang diduga peninggalan Suku Kalang kepada Tim Ahli Cagar Budaya di rumahnya, Senin (5/7/2021). (Istimewa/Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Semarang)

Solopos.com, SEMARANG – Warga Dusun Borangan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, menemukan benda arkeologi yang diduga merupakan peninggalan Suku Kalang. Suku ini hidup pada zaman purbakala.

Kepala Dusun Borangang, Regot, mengaku menemukan benda-benda arkeologi itu ketika sedang berkebun di lahan milik Perhutani. Ia pun langsung menyerahkan benda-benda purbakala yang diduga bekal kubur Suku Kalang itu kepada pemerintah.

“Benda yang kami temukan terbuat dari logam seperti besi dan tembaga. Bentuknya seperti gelang tangan, gelang kaki, dan peralatan seperti senjata. Selain itu kami juga menemukan fragmen tulang belulang, manik-manik, dan uang kuno,” ujar Regot kepada wartawan di Kabupaten Semarang, Minggu (4/7/2021).

Regot menduga benda-benda tersebut adalah Bekal Kubur Suku Kalang. Menurutnya, lokasi penemuan benda-benda tersebut merupakan bekas kuburan Suku Kalang. Hal ini mengacu penemuan benda di beberapa lokasi berbeda.

Baca Juga: Permintaan Kedelai Impor di Kudus Rendah Meski Harga Turun

“Ketemu saat saya sedang nggarap ladang. Tidak hanya di satu titik , tapi tersebar di beberapa lokasi. Karena ditemukannya bersama dengan tulang-tulang, ya kami duga lokasinya adalah makam,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Semarang, Tri Subekso, mengapresiasi langkah warga yang melapor penemuan benda purbakala itu. Subekso sudah meninjau lokasi penemuan benda arkeologis untuk dan langsung melakukan identifikasi.

Jejak Suku Kalang

Menurutnya, berdasarkan karakteristik temuan, objek tersebut identik dengan jejak budaya Suku Kalang yang banyak ditemukan di hutan-hutan jati di kawasan pantai utara Jawa.

“Apakah benar milik Wong Kalang? Tentu ini masih diteliti lebih dalam. Keberadaannya sendiri masih samar-samar, namun meninggalkan jejak peninggalan arkeologis berupa sebaran kubur kuno,”kata Subekso kepada wartawan di Semarang, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Dilarang Lewat Pantura selama PPKM, Sopir Truk Minta Diskon Tarif Tol

Dia menambahkan, artefak yang ditemukan berupa manik-manik, perhiasan, senjata, fragmen gerabah, dan fragmen perunggu. Selain itu, masih dijumpai juga adanya sisa tulang belulang manusia, seperti gigi, tangan, dan fragmen tengkorak.

“Jika benar bahwa situs Borangan ini merupakan pekuburan Kalang, maka temuan ini akan memperkaya data arkeologi yang menyangkut keberadaan orang-orang Wong Kalang selama ini,” terangnya.

Berdasarkan penelusuran Semarangpos.com dari berbagai sumber, Suku Kalang merupakan salah satu subsuku masyarakat di Jawa. Suku ini hidup sejak zaman kerajaan dan mulai tersisih saat masuknya agama Hindu.
Orang-orang suku ini terkenal memiliki fisik dan badan yang kuat hingga kerap dimanfaatkan untuk proyek-proyek besar. Salah satunya seperti pembuatan candi.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago