SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok)

ilustrasi (dok)

BOYOLALI--Sejumlah warga Desa Sampetan, Kecamatan Ampel menanam puluhan ribu batang pohon di Gunung Merbabu. Sebanyak 10.000 batang pohon ditanam secara mandiri di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu beberapa waktu lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penghijauan Gunung Merbabu ini dilakukan warga dari beberapa dukuh di Desa Sampetan. Mereka menanam pohon berbagai jenis di dekat puncak Merbabu sejak bulan Desember lalu.

“Ada sekitar 10.000 batang pohon yang kami tanam. Bibitnya dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM). Penghijaun ini merupakan inisiatif warga kami,” tutur Tokoh Masyarakat Dukuh Baturejo, Desa Sampetan, Ampel, Darmono saat ditemui wartawan di rumahnya, Jumat (27/1/2012).

Darmono menambahkan jumlah sebanyak itu terdiri dari pohon-pohon jenis keras. Antara lain, cemara, dadap, akasia, puspa serta beringin. Bibit pohon itu ditanam oleh warga setempat di lahan seluas kurang lebih 25 hektare.

Penanaman tersebut memakan waktu kurang lebih sekitar 15 hari. Warga bergotong-royong membawa bibit dari bawah dengan berbagai cara seperti diangkut, digendong maupun di-sunggi. Pasalnya, lokasi penanaman cukup jauh dari permukiman dan terletak jauh di atas lahan yang digunakan untuk pertanian warga.

“Kami menanam pohon ini bertujuan untuk warga juga. Semakin banyak pohon yang ada berpengaruh pada serapan air. Sehingga sumber air yang digunakan ke rumah-rumah warga dapat terus mengalir jika pohon lebih banyak,” jelasnya.

(JIBI/SOLOPOS/Farida Trisnaningtyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya