SOLOPOS.COM - Wapres Ma'ruf Amin bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangan pers di Kantor Kementan, Jakarta, Selasa (8/3/2022). (Istimewa/Kementan)

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memastikan kebutuhan pangan jelang Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Lebaran mendatang dalam kondisi aman.

Kepastian itu, kata Wapres, didapatkan langsung dari hasil validasi data pangan yang dilakukan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dari laporan yang saya terima dan berbagai data yang disajikan bahwa semua kebutuhan bahan pokok seperti minyak goreng dan kedelai dalam kondisi aman sampai Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri,” ujar Wapres seusai menyapa petani dan penyuluh secara virtual di Kantor Kementan, Ragunan, Selasa (8/3/2022).

Adapun mengenai kenaikan harga dan kelangkaan beberapa bahan pokok yang terjadi selama beberapa waktu terakhir, menurut Wapres harus menjadi tanggung jawab bersama, termasuk kementerian lain yang memiliki keterkaitan dengan urusan harga pangan.

“Jadi bukan hanya Kementan tetapi semua kementerian lain saya minta ada kolaborasi. Kemudian harus dilakukan intervensi ketika ada kenaikan harga. Mudah-mudahan Indonesia jauh lebih siap menghadapi masalah pangan yang menjadi masalah dunia,” katanya.

Ma’ruf Amin meminta kolaborasi antar kementerian penting dilakukan agar harga kebutuhan pangan dapat dikendalikan secara baik. Meski begitu, Wapres menyebut kenaikan pangan saat Ramadan tidak bisa dimungkiri karena selalu terjadi pada setiap tahun.

“Saya berharap pentingnya mengendalikan harga agar tidak terlalu naik tinggi, walaupun pada saat Ramdan selalu ada kenaikan. Karena itu harus disiapkan langkah-langkahnya,” katanya.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan bahwa ketersediaan pangan dalam kondisi aman. Tidak ada kekurangan apalagi kelangkaan. Meski demikian, terdapat kenaikan harga pada beberapa komoditas tertentu karena tingginya harga di pasar Internasional.

“Seperti kata Bapak Wapres data dan validasi sudah kita lakukan bahwa Ramadan insya Allah kebutuhan kita cukup. Terkait beberapa harga komoditas yang naik karena sekarang kan memang harga dunia juga lagi naik, tetapi bukan berarti ketersediaan kurang. Semua cukup kok,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya