SOLOPOS.COM - Wapres, Ma'ruf Amin. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Wakil Presiden atau Wapres Ma’ruf Amin akan menyampaikan khotbah nikah saat prosesi akad putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 10 Desember 2022.

“Khatib [pembaca khotbah nikah]-nya Pak Wapres,” kata Kaesang Pangarep usai mengikuti gladi bersih pernikahannya di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, dikutip dari Antara pada Rabu (7/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Wapres Ma’ruf Amin yang akan memberikan khotbah nikah dalam pernikahan Kaesang-Erina, dua menteri juga bakal dilibatkan sebagai saksi pernikahan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, disebutkan Kaesang, bakal bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarganya.

Baca Juga:  Dua Menteri Jadi Saksi Nikah Pernikahan Kaesang

Sedangkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjadi saksi dari pihak Erina Gudono.   Kaesang menuturkan selain prosesi akad nikah, di Pendopo Ambarrukmo juga berlangsung acara “panggih”, dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan.

Dalam acara itu, menurut dia, akan dihadiri sebanyak 150 tamu undangan.  Sebelum pelaksanaan akad, sejumlah prosesi mengawali pernikahan Kaesang dengan Erina mulai 8 Desember 2022, di antaranya semaan kitab suci Al-Quran, pemasangan bleketepe, hingga midodareni.

Baca Juga: Puteri Indonesia DKI Jakarta 2022 Beri Bocoran Baju Bridesmaid Erina

Sedangkan acara ngunduh mantu akan digelar di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah pada 11 Desember mendatang.

Sementara itu Manajemen Royal Ambarrukmo Yogyakarta memastikan kesiapan Pendopo Agung Royal Ambarrukmo sebagai tempat prosesi akad nikah putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang akan berlangsung pada 10 Desember 2022.

“Kalian sendiri sudah lihat [pendopo] sudah mulai cantik, sudah mulai bagus, yang pasti siaplah,” ujar General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Herman Courbois kepada awak media di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (5/12/2022).

Menurut Herman, program perbaikan atau renovasi berbagai sudut bangunan pendopo rutin dilakukan, bukan hanya untuk persiapan pernikahan Kaesang-Erina.  “Renovasi tertentu tidak ada. Dari dulu memang renovasi jalan terus. Selama saya dua tahun di Yogyakarta memang renovasi jalan terus,” kata pria asal Belanda tersebut.

Baca Juga: Mengintip Suvenir Pernikahan Kaesang-Erina

Sementara itu, terkait kesiapan hidangan untuk para tamu undangan, menurut Herman, manajemen telah menawarkan tiga sampai empat pilihan menu tradisional hingga internasional kepada wedding organizer (WO) pernikahan Kaesang-Erina.

Namun, kata dia, hingga saat ini belum ada kepastian menu yang bakal dipilih.  “Saya tahu kemarin mereka meeting, tadi juga meeting di sini, kemarin malam ada meeting di Solo, Jawa Tengah. Mudah-mudahan setelah ini saya mendapat update,” kata dia.

Meski belum mendapat kepastian pilihan menu, Herman yakin manajemen masih memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan hidangan yang nantinya dipesan.  “Hari ini baru Senin, kalau [akad nikah] jadi hari Sabtu masih ada waktu yang cukup. Namanya hotel pasti ada ya, kemarin saya bilang kepada teman-teman kalau hotelnya pasti saya punya persiapan, tapi kalau katering mungkin beda cerita karena mereka harus persiapkan sendiri. Saya punya dapur, saya punya segala infrastruktur semua beres,” kata dia.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya