SOLOPOS.COM - ilustrasi menstruasi (Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO — Menstruasi menjadi siklus bulanan yang dialami wanita yang telah dewasa. Jika seorang wanita telah menginjak usia di atas 20 tahun belum mengalami menstruasi, hal itu perlu mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya.

Menstruasi disebut sebagai siklus alami yang merupakan bagian dari proses organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan.

Biasanya menstruasi dialami wanita dengan usia rata-rata mulai 12 tahun. Sedangkan ketika wanita yang sudah menginjak usia 20 tahun atau lebih namun belum menstruasi, ada kemungkinan mengalami gangguan.

Dokter spesialis obgyn konsultan onkologi Rumah Sakit (RS) JIH Solo, Dr. dr. Hermawan Udiyanto, Sp.OG, K.Onk, menyampaikan kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

“Umur 20 tahun tapi tidak menstruasi, ini penyebabnya banyak, harus dilacak. Paling gampang, menstruasi ini kan harus ada alatnya. Biar wanita bisa menstruasi, harus punya rahim, jalan lahirnya harus baik tidak buntu dan sebagainya. Ini harus dilihat. Sebaiknya harus ke dokter obgyn,” kata dia dalam Health Talk RS JIH yang diasiarkan di Youtube RS JIH Solo.

Baca Juga: Antisipasi Anak Sakit di Malam Hari, Sediakan Obat-obat Ini

Menurutnya untuk mengetahui penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk melacak penyebabnya. Namun menurutnya hal itu tidak berkaitan langsung dengan kista. Kondisi tersebut bisa berkaitan dengan yang lain, seperti kelainan bawaan, hormonal, organik, anatomis dan sebagainya.

Sementara mengenai kista atau miom, dia menjelaskan keduanya merupakan jenis tumor yang sering terjadi atau ditemukan pada wanita. Menurutnya, kista dan miom merupakan istilah yang menggambarkan jenis penyakit yang jinak. Meskipun ada pula jenis kista yang ganas.

Pada healh talk bertema Kista dan Miom Pada Wanita Berbahayakah?, dia menyampaikan kista pada umumnya berasal dari indung telur. Dalam bahasa medis dikenal istilah kista ovarium. Bahasa awamnya adalah kista indung telur.

Baca Juga: Disbudpar Solo Ajak Pengelola RS Tangkap Peluang Wellness dan Medical Tourism

Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi atau mengakses layanan, bisa langsung ke Rumah Sakit JIH Solo di Jl. Adisucipto No. 118, Jajar, Kecamatan Laweyan, Solo. Didukung oleh dokter, perawat, paramedis, dan staf yang
profesional dan ramah dalam melayani pasien, JIH juga memiliki peralatan medis modern dan terbaru.

RS JIH Solo juga bisa dihubungi lewat email : infosolo@rs-jih.co.id, nomor telepon (0271) 746 9100, Gawat Darurat : 1-500-805, Whatsapp: +62811500805, Website: www.rs-jih.co.id/rsjihsolo, Instagram: @rs.jihsolo, Tiktok: @rsjihsolo, Facebook: @rsJIHSolo, Youtube: RS JIH Solo, serta Twitter @rsJIHSolo.

 

 

 

Rekomendasi
Berita Lainnya