SOLOPOS.COM - Lucia Topolansky (Alchetron.com)

Wanita yang merupakan mantan pemberontak terpilih menjadi wakil presiden Uruguay.

Solopos.com, MONTEVIDEO – Lucia Topolansky (72), senator yang juga istri mantan Presiden Jose Mujica, terpilih menjadi Wakil Presiden Uruguay. Ia tercatat sebagai wanita pertama yang menduduki posisi itu, setelah menggantikan Jose Sendic. Menurut kabar yang beredar, Jose Sendic mengundurkan diri karena dituding melakukan korupsi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir BBC, Kamis (14/9/2017), sebenarnya, sesuai peraturan yang berlaku, pengganti wakil presiden adalah anggota parlemen dengan suara terbanyak, yakni Jose Mujica. Tapi, Jose Mujica pernah menjadi  presiden, sehingga tidak diperbolehkan menjabat lagi. Oleh sebab itu, Topolansky yang juga anggota parlemen Uruguay diputuskan menduduki jabatan penting itu.

Topolansky merupakan mantan gerilyawan sayap kiri. Ia pernah kabur dari penjara wanita, Carcel Cabildo, pada 1971 sebelum akhirnya mendekam selama 13 tahun. Ia yang berasal dari kalangan atas rela meninggalkan kemewahan demi menyuarakan keadilan lewat jalan pemberontakan.

Ketangguhan Topolansky membuatnya dijuluki La Tronca yang berarti batang pohon. Sepanjang tahun 1960-1970, pasangan Mujica dan Topolanski aktif dalam kelompok pemberontak yang dikenal dengan nama Robin Hood.

Kelompok itu menjarah orang-orang kaya yang hasilnya dibagikan kepada masyarakat miskin. Tak hanya menjarah, mereka juga menentang pejabat yang dinilai korup. Sayangnya, aksi mereka berhasil diberangus pada 1970-an.

Topolansky memang tidak banyak bercerita tentang masa lalunya sebagai militan. Ia hanya mengaku pernah ikut aksi perampokan. Menurut isu yang beredar, ia merupakan salah satu penembak andalan dalam kelompok pemberontak itu. Kendati demikian, para pendukung menyebutnya sebagai anggots parlemen yang baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya