SOLOPOS.COM - Solopos Media Group bekerja sama dengan Great Eastern Life Indonesia mengadakan webinar bertajuk Reach for a Great Womenpreneur: Wanita Hebat Ciptakan Bisnis yang Hebat pada Jumat (21/10/2022).

Solopos.com, SOLO – Peran perempuan dalam perekonomian di Tanah Air kian diperhitungkan. Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, dalam acara The 1st International Conference on Women and Sharia Community Empowerment, Agustus lalu, pernah menyampaikan peran perempuan sangat penting baik dalam ekonomi rumah tangga maupun ekonomi nasional. Banyak perempuan yang kini terlibat sebagai pelaku ekonomi, dan ini tidak selalu identik dengan karier di luar rumah.

Mereka menggerakkan ekosistem ekonomi terkecil yakni ekonomi keluarga dan mereka berkembang menjadi bagian dari ekosistem ekonomi besar, yaitu UMKM (usaha mikro kecil dan menengah).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai informasi, di Indonesia saat ini UMKM memberikan kontribusi yang cukup signifikan, yakni sekitar 2/3 PDB nasional. Per Juli 2022, pelaku UMKM di Indonesia berjumlah sekitar 65 juta, dan 37 juta di antaranya dikelola dan dikembangkan oleh perempuan. Fakta tersebut membuktikan pentingnya peran perempuan sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional.

Untuk memperkuat daya saing perempuan dalam menjalankan UMKM, pemahaman tentang layanan dan jasa keuangan perlu diperhatikan. Penting bagi para perempuan penggerak UMKM untuk memiliki tingkat literasi keuangan yang tinggi agar mereka semakin memahami strategi mengembangkan usaha dengan berbagai akses keuangan yang ada.

Baca Juga: Banyak Potensi, Indonesia Siap Jadi Pemain Bahan Baku Baterai Dunia

Namun, pada kenyataannya, para perempuan kerap kali sulit mengakses layanan dan/atau produk keuangan, misal karena tidak memiliki aset yang beratasnamakan namanya sehingga tidak memiliki jaminan yang resmi.

Oleh karena itu, untuk membantu para perempuan mengatasi tantangan-tantangan utama dalam menjalankan UMKM, sekaligus dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK), Solopos Media Group bekerja sama dengan Great Eastern Life Indonesia mengadakan webinar bertajuk Reach for a Great Womenpreneur: Wanita Hebat Ciptakan Bisnis yang Hebat pada Jumat (21/10/2022), pukul 09.30—11.00 WIB.

Webinar tersebut menghadirkan narasumber ahli dalam bidangnya, yaitu Metta Anggraini, CFP., seorang financial planner dan Founder Daya Uang.

Baca Juga: BI: Inflasi Lebih dari 4 Persen YoY Masih Tinggi hingga 2023

Tak hanya Metta, perwakilan UMKM yang digerakkan oleh seorang perempuan pun turut hadir menjadi narasumber, Owner Snack Ratu, Ngemil Siti Romelah. Webinar yang dipandu Penyiar Solopos FM, Noer Atmaja ini akan tayang secara Live di Channel YouTube Espos Live.

Selama 90 menit, para narasumber secara spesifik membagikan strategi bagaimana membangun bisnis yang tepat untuk perempuan, mengupas tips dan trik menjaga bisnis tetap aman, langkah mengelola keuangan agar bisnis dapat berkembang secara berkelanjutan, serta memberikan kesadaran pentingnya memiliki produk asuransi sebagai perlindungan atas keberlangsungan bisnis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya