SOLOPOS.COM - Salah satu adegan di film Kartini. (SoloposFM)

Solopos.com, JEPARA —  Selain dikenal dengan kerajinan ukiran, rupanya Kabupaten Jepara, Jawa Tengah juga dikenal dengan mitos tentang surganya para wanita cantik. Anggapan ini disematkan oleh orang-orang di luar Jepara yang pernah mengunjungi kota ukir tersebut. Mengapa demikian?

Melihat fakta sejarah, Kabupaten Jepara adalah tempat para wanita perkasa dan anggun di zamannya. Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (22/2/2022) menyebutkan sosok wanita cantik dan anggun dari Jepara adalah Ratu Kalinyimat, Ratu Shima dan R.A Kartini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diketahui, Ratu Kalinyamat merupakan salah satu tokoh perempuan Jepara yang sangat dihormati dan disegani serta memiliki kepribadian yang tegas. Dia adalah pemimpin Kadipaten Jepara dan disebutkan pernah memimpin perang untuk mengusir penjajahan Portugis saat masuk di Jepara

Baca juga: Asal Usul Blora, Wilayah Tersepi di Jawa Tengah

Ratu Shima dan RA Kartini

Kemudian Ratu Shima yang dikenal sebagai pemimpin Kerajaan Kalingga yang saat ini berlokasi di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Dia dikenal sebagai sosok yang cantik, juju,  dan tegas dalam kepemimpinannya hingga diakui oleh kerajaan di luar Indonesia.

Lalu ada RA. Kartini yang dikenal sebagai sosok pejuang emansipasi kaum wanita pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Dia dikenal sebagai sosok yang cantik dan cerdas serta berpikiran ke depan. Karya-karya tulisnyapun diakui hingga ke negeri Belanda. Karya-karyanya juga telah menginspirasi jutaan wanita Indonesia.

Salah satu tulisannya yang paling dikenal adalah buku dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang. Kecerdasan dan kecantikannya juga yang membuat seorang Adipati Rembang saat itu, Raden Adipati Joyodiningrat, terpesona hingga meminangnya.

Baca juga: Asal Usul Baturraden, Mirip Kisah Romeo dan Juliet

Wanita Bermata Biru

Sementara itu, dilansir dari berbagai sumber, wanita Jepara ternyata tidak hanya cantik-cantik saja, namun mereka juga dikenal dengan pribadi yang hedonis. Wanita Jepara dikenal sangat suka belanja. Meskipun demikian, penampian wanita Jepara tetap elegan dan tidak berlebihan.

Salah satu sumber juga mengatakan bahwa mitos yang membuat wanita Jepara cantik-cantik adalah karena ada sebagian dari mereka memiliki keturunan bangsa Protugis yang dikenal dengan mata lebar dan berwarna biru, badan tinggi dan hidung mancung (standar kencantikan wanita pada umumnya). Mereka banyak bermukim di sekitar benteng Portugis, yakni di Desa Ujung Watu, Sambungoyot dan lereng Gunung Donorojo.

Baca juga: Mitos Ratu Kalinyamat & Larangan Pria Kudus Nikahi Wanita Jepara

Karena jarak antar generasi pertama dengan sekarang rentangnya terlalu panjang, maka agak sulit menemukan ciri-ciri yang utuh. Hal itu dikarenakan, generasi-generasi berikutnya telah melakukan pernikahan dengan penduduk pribumi setempat.

Keberadaan wanita-wanita berdarah Portugis ini juga dibuktikan berdasarkan sumber lisan di mana pada masa Portugis berada di perkebunan Jepara utara juga banyak praktik prostitusi dan pergundikan yang akhirnya melakukan perkawinan silang antara laki-laki Portugis dan wanita dari penduduk pribumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya