SOLOPOS.COM - SLB Negeri Karanganyar. (slbnkaranganyar.com)

Solopos.com, KARANGANYAR —  Sebagian wali murid Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Karanganyar meminta relokasi sekolah baru dilakukan setelah pembelajaran semester genap tuntas. Pemkab Karanganyar akan menggusur SLBN dan memindahknya sejauh lebih dari satu kilometer karena lahan saat ini bakal jadi area parkir Masjid Agung Karanganyar.

Astuti, salah satu wali murid SLBN, mengatakan akan lebih baik jika saat ini anak-anak berkonsentrasi belajar tanpa dihantui kekhawatiran bakal dipindah. Paling hingga semester genap selesai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Menurut saya, kalau mau direlokasi sebaiknya nanti menunggu akhir semester supaya anak-anak bisa berkonsentrasi menyelesaikan pelajaran atau ujian-ujian. Kalau relokasi di tengah-tengah semester kan pastinya akan repot,” ujarnya saat ditemui di sekolah tersebut, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Lahan Dipakai Parkir Masjid Agung Karanganyar, SLB Bakal Digusur

Ia mengaku tidak mempermasalahkan relokasi SLBN Karanganyar ke SDN 4 Karanganyar Karanganyar yang berjarak sekitar 1,7 kilometer (km). “Kalau soal relokasi bagi saya tidak masalah. Rumah saya di Badran Asri dekat sini. Jadi kalau sekolahnya mau dipindah ke SDN 4 Karanganyar bagi saya tidak terlalu jauh,” imbuhnya.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada pemberitahuan resmi atau sosialisasi mengenai rencana relokasi tersebut.

“Belum ada surat dan belum ada sosialisasi. Saya tahu rencana relokasi hanya dari omong-omong. Mungkin memang prosesnya masih berjalan sehingga belum ada kepastian waktunya [relokasi],” kata Astuti.

Sebagaimana diketahui, SLBN Karanganyar akan direlokasi menyusul rencana penggunaan lahan sekolah tersebut untuk area parkir Masjid Agung Karanganyar.

Baca Juga: Tunggu Presiden Jokowi, Peresmian Masjid Agung Karanganyar Mundur

Lahan yang digunakan SLBN adalah milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar. Sedangkan gedung dan pengelolaannya dilakukan oleh Disdikbud Jawa Tengah (Jateng). Sehingga relokasi SLBN Karanganyar yang beralamat di Jl. Kapten Mulyadi Kompleks Perkantoran Pemkab Karanganyar itu melibatkan Disdikbud Jateng.

Rencana relokasi SLBN Karanganyar tersebut sudah disampaikan ke Disdikbud Jateng. Relokasi tersebut dinilai sangat memungkinkan dilakukan mengingat lahan yang ditempati milik Pemkab.

Sementara itu, SDN 4 Karanganyar merupakan sekolah inklusi. Sekolah ini kin hanya punya 48 siswa dan rencananya digabung dengan sekolah lain yakni SDN 01 Cangakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya