SOLOPOS.COM - F.X. Hadi Rudyatmo (Dokumen/JIBI/Solopos)

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengambil cuti panjang untuk mengikuti wisata ziarah ke Yerusalem selama dua pekan ke depan.

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, cuti panjang untuk mengikuti wisata ziarah ke Yerusalem selama dua pekan kedepan, yakni mulai 9-23 Juni. Selama cuti, roda pemerintahan Kota Solo akan diambilalih Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Achmad Purnomo, dibantu Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Yulistianto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wali Kota yang akrab disapa Rudy ini mengaku tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti wisata ziarah tersebut. “Sing [yang] penting bawa sambal teri. Kalau persiapan lain tidak ada,” kata Wali Kota yang gemar makan sambal tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Sambal teri akan menjadi pelengkap makanannya selama mengikuti wisata ziarah tersebut. Tidak mudah baginya untuk menyesuaikan makanan di sana. Mau tidak mau, Rudy pun membawa sambal teri asli buatan sang istri, E. Endang Prasetyaningsih, untuk melengkapi makanannya. “Saya bawa dua rantang sambal teri. Makan sama nasi putih terus sambal teri ngono wes [begitu saja sudah] enak kok,” tutur Rudy.

Baginya, wisata ziarah ini akan menjadi perjalanan panjang berkumpul bersama keluarga serta meninggalkan roda pemerintahan. Selama menjabat sebagai Wali Kota Solo, Rudy tidak pernah mengambil hak-hak cutinya. “Saya tidak pernah cuti buat liburan. Cuti ya baru sekarang. Kalau pergi paling urusan pemerintahan. Itu saja paling lama tidak lebih dari sepekan,” kata dia.

Sesuai rencana Rudy akan memboyong empat anggota keluarganya, yakni istri, anak beserta mantu, dan putra bungsunya. Dua anggota keluarga lain tidak bisa mengikuti lantaran kondisinya hamil muda. Rudy menuturkan wisata ziarah ke Yerusalem merupakan rencana lama dan sempat tertunda tahun lalu, karena menggelar resepsi ngunduh mantu putra keempatnya, Matheus Rizky Bayu Himawan dengan Elizabet Novia Mira Gupita Indah Pratiwi.

Selain ziarah ke Yerusalem, Rudy dan rombongan juga akan mengikuti misa di Vatikan. Doa khusus akan dipanjatkan Rudy selama ziarah tersebut. “Doanya pasti untuk bangsa dan negara. Untuk Solo agar dianugerahi kedamaian, kerukunan dan kesejahteraan bagi masyarakat Solo,” katanya.

Untuk diri sendiri, Rudy memohon pada Tuhan agar bisa mengabdi, melayani masyarakat sampai selesai tanpa ada rintangan apa pun. Selain itu, memohon doa dalam membangun rumah tangga selalu dilimpahkan cinta kasih.

Sekda Solo, Budi Yulistianto, memastikan roda pemerintahan di Kota Solo tetap berjalan normal, meski pucuk pimpinan tengah mengikuti wisata ziarah ke Yerusalem. “Tidak ada masalah apa-apa. Sama saja kalau kita [umat muslim] yang melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya