SOLOPOS.COM - Habib Hasan Mulachela berbincang dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, di kediaman pribadinya, Pucangsawit, Jebres, Solo, Selasa (16/2/2021) sore. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Tokoh masyarakat Kota Solo, Habib Hasan Mulachela, memberikan kenang-kenangan berupa belangkon warna hitam kepada Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang akan purnatugas pada Rabu (17/2/2021).

Habib Hasan mengunjungi kediaman pribadinya Rudy, sapaan akrab Wali Kota Solo, di Kelurahan Pucangsawit, Jebres, Solo, Selasa (16/2/2021) sore atau sehari menjelang berakhirnya masa jabatan wali kota dari PDIP itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kedatangan Hasan bersamaan dengan rombongan wartawan dari komunitas Mako Cemoro, Selter Manahan, yang akan menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan sketsa Rudy. Lukisan itu sebagai apresiasi atas kiprah Rudy selama ini.

Baca Juga: Pembunuhan Wanita Terbakar Di Mobil Sukoharjo Mulai Disidang, Terdakwa Terancam Hukuman Mati

Pantauan Solopos.com Habib Hasan juga menyerahkan kenang-kenangan kepada Wali Kota Solo itu berupa belangkon warna hitam. Tidak main-main, Rudy diberi belangkon yang biasa dipakai oleh para pangeran. Hasan mengakui ada maksud khusus dari pemberian belangkon tersebut.

“Karena beliau senang pakai belangkon warna hitam jadi saya carikan yang hitam dan biasa dipakai para pangeran. Karena kapasitas Pak Rudy sudah dua periode jadi Wali Kota dan dan Wawali, pantas memakai belangkon itu,” ujarnya.

Hasan menilai Rudy sebagai sosok yang cukup berhasil selama memimpin Kota Solo. Selain itu Rudy sangat dekat dengan warga Solo. Pembawaan Rudy yang sehari-harinya ramah, terbuka, dan suka menolong, membuatnya dekat dengan warganya.

Baca Juga: Vonis Mati Kasus Pembunuhan Baki Sukoharjo: JPU Dan Terdakwa Pikir-Pikir

Sahabat Lama

“Beliau punya kelebihan, orangnya terbuka, bisa dihubungi masyarakat setiap saat. Dihubungi gampang. Kita merasakan situasi Solo aman, tenteram. Sebagai salah satu sahabat lama sengaja temui beliau mengucapkan terima kasih ,” urainya sesuai memberi kenang-kenangan kepada Wali Kota Solo tersebut.

Hasan berharap Rudy tidak berhenti berbuat untuk masyarakat kendati sudah tida lagi menjadi Wali Kota Solo. Sebagai Ketua DPC PDIP Solo Rudy ia nilai masih memegang tanggung jawab secara moral membantu pembangunan kota.

“Beliau masih secara moral ikut bertanggung jawab untuk pelaksanaan pembanguan Solo ke dapan di bawah kepemimpinan Mas Gibran. Untuk Wali Kota baru saya berharap Solo bisa menjadi lebih baik ke depan dan masyarakat sejahtera,” katanya.

Baca Juga: Gokil! Aksi Binaragawan Bikin Heboh Tamu Resepsi Ngunduh Mantu Pengantin di Solo

Tak hanya itu, menurut Hasan, Gibran harus bisa mengikuti gaya kepemimpinan Rudy yang sangat terbuka dan hangat dengan warganya. Sebab sejatinya seorang pemimpin yang dipilih masyarakat adalah pelayan bagi setiap warganya.

Hasan menjelaskan sikap terbuka dan dekat dengan rakyat juga sudah ditunjukkan Joko Widodo (Jokowi) ketika menjadi Wali Kota Solo. “Sudah dari dulu, seorang pemimpin harus terbuka dengan rakyat. Pak Jokowi juga sangat terbuka,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya