SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memanjatkan doa saat melayat meninggalnya Gunawan Wirosaroyo, Minggu (24/1/2021), di Papahan, Tasikmadu, Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Ketua DPP PDIP periode 2000-2005, Gunawan Wirosaroyo, meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Sabtu (23/1/2021) pukul 18.20 WIB.

Jenazah laki-laki berusia 75 tahun itu telah dimakamkan di Sasanoloyo Munggur, Karanganyar, Minggu (24/1/2021) pukul 11.00 WIB. Sejumlah tokoh dan pejabat ikut mengantarkan kepergian Gunawan Wirosaroyo ke peristirahatan terakhirnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka di antaranya Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Danrem 074/Warastratama Letkol Inf Rano Maxim Adol Tilaar, dan Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie S.

248.600 Vaksin Sinovac Tiba di Jateng, 32 Kabupaten/Kota Siap Vaksinasi

Ekspedisi Mudik 2024

“Banyak juga anggota DPRD kabupaten/kota dan DPRD provinsi yang ikut mengantarkan kepergian almarhum Pak Gunawan. Tapi saya tidak sempat memotret satu per satu,” tutur Hartanti, anggota Fraksi PDIP DPRD Solo, Minggu.

Hartanti mengakui semasa hidup Gunawan Wirosaroyo merupakan sosok “guru politik” yang sangat berpengalaman. Warga Nusukan, Banjarsari, Solo, itu pun pernah mendapat gemblengan politik dari Gunawan. “Nasihat-nasihat beliau sangat mengena,” ujarnya.

Wali Kota Usulkan Lahan Eks SMPN 3 Solo Jadi SMA Khusus Olahraga

Salah satu nasihat dari Gunawan yang Hartanti ingat betul agar menjadi pribadi yang mempunyai prinsip hidup, berdedikasi, dan konsisten. Prinsip hidup dan dedikasi harus selalu dipegang teguh dalam memutuskan sesuatu, kendati langit runtuh sekali pun.

Melahirkan Orang-Orang Sukses

“Beliau adalah sosok begawan politik yang hebat, seorang tokoh senior partai yang luar biasa. Ikut melahirkan banyak orang-orang sukses dalam karier politik. Semua tujuannya hampir tercapai meskipun sempat mendapat tentangan dari sebagian orang,” sambungnya.

Terkait Persiapan PON 2024, Menpora Minta Ketua KONI Aceh Siapkan Masterplan

Hartanti mencontohkan peran Gunawan Wirosaroyo ketika keluarnya rekomendasi cawali-cawawali Solo kepada pasangan Joko Widodo (Jokowi)-FX Hadi Rudyatmo pada Pilkada Solo 2005. Hartanti masih ingat betul ketika itu Gunawan memperjuangkan pasangan tersebut.

“Begitu juga saat rekomendasi untuk Pak Bibit Waluyo sempat ditentang, tapi beliau tidak menyerah hingga akhirnya keluar rekomendasi. Pak Gunawan juga berjuang untuk rekomendasi kepada Ganjar Pranowo, serta rekomendasi capres kepada Pak Jokowi,” urainya.

Jateng Terima 248.600 Vial Vaksin, 12 Daerah Ini Siap Gelar Vaksinasi Tahap Pertama

Hartanti menguraikan lahirnya komunitas sukarelawan Pro Jokowi (Projo) juga merupakan prakarsa dari Gunawan Wirosaroyo. “Pak Gunawan adalah guru yang tegas, disiplin, dan konsisten. Sebagai kader partai kami akan lanjutkan perjuangan ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya