[ X ] CLOSE

Wali Kota Solo Gibran Borong Tiga Penghargaan di SDA 2021

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memborong tiga penghargaan sekaligus dalam gelaran Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021.
Wali Kota Solo Gibran Borong Tiga Penghargaan di SDA 2021

Solopos.com, SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memborong tiga penghargaan sekaligus dalam gelaran Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021 yang digelar bersamaan talkshow spesial, Makin Dekat Makin Cepat, Rabu (4/8/2021) malam.

Wali Kota Solo yang akrab disapa Mas Gibran meraih Best Figure Digital Performace versi Youtube. Kemudian Best Figure Digital Performance versi Instagram dan Best Figure Digital Performance di Jateng.

Selain Wali Kota Solo, ada nama Bupati Klaten Sri Mulyani sebagai Best Figure Digital Performance di Soloraya. Ada juga Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sebagai Best Figure Digital Performance versi Twitter . Sedangkan Bupati Banyumas, Achmad Husein meraih Best Figure Digital Performance versi Facebook.

Baca juga: Solopos Digital Award 2021 Ukur Performa Pemerintahan di Ranah Digital

Tak hanya figure, penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021 juga diberikan kepada pemerintahan daerah dalam pengelolaan media sosial. Best Digital Performance Pemerintah Daerah di Jateng diraih Pemerintah Kota Semarang.

Kemudian Best Digital Performance Humas di Jateng diraih Pemerintah Kota Semarang. Best Digital Performance Humas Pemerintah Daerah di Soloraya diberikan kepada Humas Pemkab Karanganyar. Lalu Best Digital Performance kategori Pemerintah Daerah di Soloraya diraih Pemkab Klaten. Serta Best Digital Performance kategori Pemerintah Daerah di Madiun Raya diraih Pemkot Madiun.

Menurut Koordinator Tim Riset SDA 2021, Danang Nur Ikhsan, data terbaru dari We Are Social pada Januari 2021 menyebutkan 202,6 juta penduduk di Indonesia merupakan pengguna Internet. Jumlah itu mencapai 73,7% dari total populasi penduduk. Selama periode 2020-2021, We Are Social mencatat pengguna Internet di Indonesia bertambah 27 juta orang.

Baca juga: Kunjungi Solo, Anggota DPR ini Soroti Kesenjangan Capaian Vaksinasi Covid-19 Antardaerah

SDA 2021 adalah Riset Digital

“SDA adalah riset digital yang dilakukan Solopos.com untuk melihat performa organisasi atau lembaga tertentu baik di website, mesin pencari [search engine] hingga media social. Pada 2021, SDA khusus menggelar riset digital terkait pemerintah daerah di Jawa Tengah. Pemerintah di Madiun Raya dan kepala daerah [bupati/wali kota] di Jawa Tengah,” jelas Danang.

Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo mengatakan SDA 2021 ini dilaksanakan untuk melihat dan mengukur performa pemerintah daerah. Baik di Jawa Tengah, Madiun Raya, dan kepala daerah di Jawa Tengah di jagat Internet.

“Kami berharap SDA ini bias menjadi barometer performa pemerintah daerah dan kepala daerah di media sosial atau Internet,” ujar Arif Budisusilo. Acara talkshow dan penyerahan penghargaan dipandu Direktur Bisnis & Konten Solopos Media Group, Suwarmin. Disiarkan secara life di kanal Youtube, Instagram, dan Facebook.

Baca juga: Tentang Solopos Digital Award (SDA) 2021

Pakar Media Sosial sekaligus Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi mengapresiasi apa yang dilakukan Solopos Media Group. Karena dengan SDA 2021 bisa terlihat sejauh mana pemerintah daerah juga kepala daerah merespons masukan masyarakat melalui media sosial.

“Media sosial bukan hanya untuk menyampaikan kinerja pemerintah daerah, namun juga menjadi media interaksi. Bagaimana pemerintah daerah merespons ide, masukan bahkan kritikan masyarakat. Inilah erahnya Demokrasi 4.0,” ujar Ismail Fahmi.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengakui pentingnya peran media sosial di era digital sekarang ini. Masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan pemimpinnya. Menyampaikan informasi juga aduan dengan cepat sehingga pemerintah daerah bisa segera meresponsnya.

 

 

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago