SOLOPOS.COM - Penampakan Sungai Banjir Kanal Timur Kota Semarang, Jateng sebelum (atas) dan sesudah (bawah) dibersihkan. (Instagram-@hendrarprihadi)

Wali Kota Hendrar Prihadi mempertanyakan kesadaran warganya menjaga kebersihan Kota Semarang.

Semarangpos,com, SEMARANG – Kebersihan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) seakan-akan menjadi masalah pelik yang tak kunjung ada habisnya. Hadirnya sampah di sungai-sungai ibu kota Jateng tersebut memicu Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mempertanyakan kesadaran masyarakatnya dalam menjaga kebersihan di Kota Semarang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pertanyaan terkait masalah kebersihan itu dilontarkan Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—melalui akun Instagramnya, @hendrarprihadi, Minggu (17/12/2017). Menurut politikus PDI Perjuangan itu, penduduk Kota Semarang yang terus bertambah juga akan menambah jumlah sampah.

“Orangnya makin banyak – Sampahnya makin banyak – kesadarannya makin kurang – kepeduliannya makin kurang? #TanyaKenapa,” tulis sang wali kota Semarang.

[Baca juga Wali Kota Keluhkan Kebiasaan Warga Buang Sampah Sembarangan]

Sontak pertanyaan Hendi itu mendapatkan berbagai komentar dari warganet yang hampir senada. Mereka menilai kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan di Kota Semarang masih rendah. “Kesadaran akan kebersihan warga Semarang masih kurang,” ungkap pengguna akun Instagram @rizalnur.a.

“Kepeduliannya pun kurang,” timpal pengguna akun Instagram @indrianapu.

“Pihak dinas terkait sudah berupaya penuh, tapi kesadaran dan kepedulian masyarakat masih sangat kurang. Masih banyak yang buang sampah sembarangan,” tulis pengguna akun Instagram @adimazputra.

Menanggapi jawaban warganet, Hendi pun menyetujui penilaian tersebut. “@indrianapu njeh mbak,” tulis Hendi singkat.

Di samping mempertanyakan kesadaran warganya dalam menjaga kebersihan, orang nomor wahid di ibu kota Jateng itu juga membawa kabar menyenangkan dengan mengunggah satu foto. Dari foto yang diunggah wali kota Semarang itu, aliran sungai di Banjir Kanal Timur Semarang yang sebelumnya dipenuhi berbagai macam sampah, kini sudah bersih.

[Baca juga Wali Kota Pergoki Petugas Kebersihan di Semarang Buang Sampah Sembarangan]

Hendi bukan kali ini saja mengeluhkan masalah kebersihan di kota yang ia pimpin. Bahkan sebelumya, wali kota yang aktif di Instagram itu pernah mengungkapkan rasa geramnya setelah memergoki petugas kebersihan dari salah satu gedung di Kota Semarang yang membuang sampah ke aliran sungai. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya