Wali Kota Madiun Wajibkan ASN Belanja di Warung Tetangga, Bagaimana Pengawasannya?

ASN di Kota Madiun wajib belanja di warung terdekat rumah alias tetangga. Pemkot Madiun akan mendata domisili ASN dan UMKM terdekat di wilayah mereka.
Wali Kota Madiun Wajibkan ASN Belanja di Warung Tetangga, Bagaimana Pengawasannya?
SOLOPOS.COM - Wali Kota Madiun Maidi memberikan keterangan pers terkait vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang pasar tradisional di Wisma Haji, Jumat (16/4/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Wali Kota Madiun, Maidi, mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) di wilayahnya untuk membeli kebutuhan hidup di UMKM yang ada di sekitarnya. Mereka wajib belanja di warung tetangga. Hal ini sebagai salah satu upaya membantu masyarakat di masa krisis saat pandemi Covid-19.

Pelaksanaan PPKM Darurat membuat perekonomian masyarakat terpukul. Untuk itu, perlu adanya gerakan untuk saling membantu supaya perekonomian tetap berjalan.

“Saat ini masih PPKM darurat. ASN sebagian besar WFH. Saya ingin mereka ikut membantu masyarakat khususnya pelaku UMKM dengan membeli produk-produk UMKM sekitar,” kata Maidi, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Pemkot Madiun Tiadakan Salat Iduladha, Begini Aturan Lengkapnya

Maidi menuturkan dalam kondisi seperti ini, para ASN masih menerima gaji bulanan. Sebagian besar gaji itu pastinya digunakan untuk keperluan sehari-hari. Untuk itu, dia mewajibkan pembelian kebutuhan sehari-hari itu di warung tetangga yang ada di sekitar rumah ASN masing-masing.

Dia menegaskan ASN dilarang keras membeli kebutuhan sehari-hari di toko yang jauh dari lokasi tempat tinggalnya. Apalagi sampai ke luar daerah. Menurutnya, ASN wajib mengedepankan lingkungan sekitar.

“Setiap kelurahan punya banyak pelaku UMKM. Mereka saat ini sangat membutuhkan bantuan. Dengan membeli produk mereka, itu sudah sangat membantu,” ujar dia.

Baca Juga: Bawa Nasi Kotak ke RS, Wawali Madiun Inda Raya Dukung Perjuangan Nakes

Meski diminta untuk membeli, lanjut Maidi, ASN tidak perlu memborong produk UMKM. Pembelian dengan jumlah kecil pun dihargai.

Lantas bagaimana cara agar kebijakan itu efektif dilaksanakan para ASN?

Maidi mengaku telah menginstruksikan dinas terkait untuk melakukan pendataan lokasi ASN beserta UMKM terdekatnya. Pihaknya akan melakukan pemantauan secara rutin. Maidi menegaskan akan mengeluarkan surat edaran terkait hal ini.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago