SOLOPOS.COM - Bangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan terlihat dari kawasan Gilingan, Banjarsari, Solo, Senin (22/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut progres pembangunan replika Masjid Raya Sheikh Zayed rampung di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

“Wis rampung, 17 November pembukaan,” kata Wali Kota Solo di sela-sela kunjungannya di kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Solo, Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo, Senin (26/9/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wali Kota Solo menjelaskan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan alias MBZ akan meresmikan ikon baru Kota Bengawan itu pada 17 November 2022.

“Akan diresmikan langsung oleh yang mulia MBZ setelah dari G20 [Konferensi Tingkat Tinggi/KTT G20].  Beliau yang mulia meresmikan langsung masjid di Gilingan,” paparnya.

Dia menjelaskan sejumlah destinasi wisata Kota Solo sedang dalam pembangunan, di antaranya Taman Balekambang serta Taman Satwa Taru Jurug.

Baca Juga: Viaduk Gilingan Solo Masih Buka-Tutup, Penutupan Total Februari-April 2023

Replika Masjid Raya Sheikh Zayed bakal menjadi opsi destinasi wisata bagi para penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kota Solo.

“Iya saya mohon maaf beberapa tempat kami tutup, kebun binatang kami tutup, Taman Belekambang kami tutup. Nanti tahun depan kami buka lagi dengan keadaan lebih baik,” paparnya.

PT Waskita Karya selaku pelaksana proyek pembangunan replika Masjid Raya Sheikh Zayed melalui akun Instagramnya @waskita_karya mengunggah dua foto dengan latar belakang bangunan masjid, masing-masing bagian depan masjid dan serambi masjid. Progres pembangunan mencapai 73,38%, Kamis (1/9/2022).

Director of HCM & System Development, Mursyid melaksanakan kunjungan ke Proyek Sheikh Zayed Grand Mosque Solo yang didampingi oleh Project Manager proyek tersebut Adriansyah Perdana. Kunjungan tersebut dilaksanakan untuk melihat progres proyek yang saat ini sudah mencapai 73,38%,” tulis keterangan fotonya.

“Masjid sekarang sudah hampir 70% dan diperkirakan pada peresmian mencapai 100%,” jelas Direktur Urusan Agama Islam Kementerian Agama (Kemenag), M Adib, setelah melakukan pertemuan dengan Gibran di Balai Kota Solo, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Pembangunan Capai 70%, Ini Penampakan Luar Megahnya Masjid Sheikh Zayed di Solo

Dia mengatakan peresmian masjid dirangkaikan dengan Festival Masjid Nasional di sekitar masjid yang melibatkan peserta seluruh Indonesia.

Selain itu juga ada kegiatan groundbreaking Islamic Center di depan Masjid Sheikh Zayed di Gilingan, Solo. Adib mengklaim progres pembangunan masjid berjalan baik dan sedang tahap pengerjaan finishing. Nantinya ada terowongan yang menghubungkan Masjid Sheikh Zayed dan Islamic Center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya