SOLOPOS.COM - Pimpinan Produksi SKF 2022 Turah Hananto (kedua dari kiri) dan Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Tuti Orbawati (tengah) memberikan keterangan pers di Balai Kota Solo, Selasa (19/7/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah seniman nasional, internasional, serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki  bakal memeriahkan Solo Keroncong Festival (SKF) 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu-Senin (24-25/7/2022). Warga bisa nonton acara ini secara gratis.

Pimpinan Produksi SKF 2022 Turah Hananto mengatakan Pemkot Solo kembali menggelar SKF  yang merupakan agenda tahunan Kota Solo sejak 2009. SKF menjadi salah satu event yang  bertujuan mampu mengangkat seni keroncong pada tingkat nasional dan internasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Solo Keroncong Festival 2022 akan menampilkan musik keroncong yang bercampur padu atau fusion dengan genre musik popular lainnya, di antaranya pop, campursari, jaz, dengan menampilkan 11 grup orkes keroncong nasional dan internasional,” katanya saat konferensi pers di Balai Kota Solo, Senin (18/7/2022).

Dia mengatakan sejumlah bintang tamu yang akan tampil, antara lain  Jaya Suprana, Waldjinah, Dewi Gita, Putri Ayu, Abah Lala, Kukuh Prasetya Kudamai, Trisum (Dewa Budjana, Tohpati, Balawan). Kemudian ada Trio Suara Pamora (Singgih Sanjaya, Bambang Heri, Robertus Grassianus), Yan Vellia, Whawin Laura, Elizabeth Sudira, Ardha, Voca Erudita UNS dan Esti Sundari.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya, rangkaian acara SKF 2022 dimulai dengan pre-event berupa Workshop Keroncong oleh Komunitas Keroncong Muda Solo yang akan memberikan edukasi mengenai musik keroncong di Loji Hotel Solo, Sabtu (23/7/2022). 

Baca Juga: Mau Malam Mingguan di Solo? Ini Sederet Agenda Wisata di Kota Bengawan

Selanjutnya pagelaran SKF 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Minggu (24/7/2022) pukul 19.00 WIB dan Senin (25/7/2022) pukul 19.30 WIB. Selain itu, lanjutnya, pertunjukan bisa juga disaksikan melalui YouTube Gibran TV, Budaya Saya, Disbudpar Surakarta, Pariwisata Solo, dan KompasTV.

Rangkaian Acara

“Solo Keroncong Festival 2022 terbuka dan gratis tanpa dipungut biaya untuk masyarakat umum,” paparnya. Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Tuti Orbawati mengatakan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki akan tampil sebagai penutup acara.

Baca Juga: Keroncong Monpers, Hibur Pencinta Musik Keroncong Di Kota Solo

Berikut rangkaian kegiatan dan penampilan Solo Keroncong Festival akhir pekan ini:

Sabtu, 23 Juli 2022

Workshop Keroncong Pelestarian & Inovasi “Pengembangan Keroncong dalam Era Millenial”

  1. Soladi Wardoyo, S.Sn – Moderator (Praktisi Musik Keroncong – Solo)
  2. Sapto Haryono – Narasumber (Praktisi Musik Keroncong – Solo)
  3. Erie Setiawan – Narasumber (Praktisi Musik Keroncong – DIY)

Minggu, 24 Juli 2022

Pagelaran Solo Keroncong Festival 2022

  1. Lighting & Video Mapping Show feat Wonderful Solo Carnival
  2. Jaya Suprana – Jakarta (Solo Piano – virtual)
  3. OK. Buana Lestari (Sawahlunto) feat Whawin Laura
  4. Dony Koeswinarno & Keroncong Indonesiaku (Jkt)
  5. OK. Chandra Kirana (Bali) feat Ardha
  6. Svarama (Semarang) feat Elizabeth Sudira
  7. Komunitas Keronxong Muda Surakarta (Solo) feat Yan Vellia; Esti Sundari

Baca Juga: Meriah, Ini Potret Panggung Hiburan Musik Keroncong Monpers Solo

Senin, 25 Juli 2022

Pagelaran Solo Keroncong Festival 2022

  1. Putri Ayu – Jakarta (penampilan solo)
  2. Rondalla – Philipina (virtual)
  3. Keroncong Bayu SG – Singapura
  4. Senandung Budaya – Brunei Darusallam (virtual)
  5. Trio Suara Pamora – Solo DIY
  6. Trisum (Dewa Budjana – Tohpati – Balawan)
  7. Singgih Sanjaya – Light Keroncong Orchestra feat Waldjinah, Dewi Gita, Putri Ayu, Abah Lala, Kukuh Prasetya Kudamai, Robertus Grassianus, Voca Erudita UNS Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya