SOLOPOS.COM - Wisatawan menggunakan kendaraan jip di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (9/12/2021). (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, KULONPROGO — Sejumlah kendaraan jip wisata yang ada di Kulonprogo, DI Yogyakarta, diketahui tidak laik jalan. Permasalahan yang ada seperti kondisi rem kurang bagus, oli kendaraan sudah terlalu lama tidak diganti, dan kampu sein mati.

Hal itu diketahui saat Dishub Kulonprogo bersama Satlantas Polres Kulonprogo melakukan pengecekan kesiapan jip wisata jelang libur Idulfitri 2022.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Kasi Pengendalian dan Operasional Dishub Kulonprogo, Bekti Nurada, mengatakan sejumlah kendaraan jip wisata tidak memenuhi syarat untuk beroperasi. Dia mencontohkan kondisi yang ditemui seperti rem kurang bagus, oli kendaraan sudah terlalu lama tidak diganti, dan lampu sein mati.

“Adanya temuan tersebut menandakan jika jip dalam kondisi yang tidak prima dan masuk kategori tidak layak jalan. Oleh karena itu, kami meminta agar pengelola memperbaiki jip yang masuk kategori tidak laik jalan jika ingin tetap mengoperasikan armadanya saat libur Lebaran,” ujar Bekti pada Kamis (28/4/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Menguak Sejaran dan Mitos di Plengkung Gading Keraton Jogja

Dikatakan Bekti, pengelola diharapkan memperhatikan aspek keamanan jip yang menjadi salah satu atraksi wisata di Kulonprogo. Di antaranya di objek wisata penyewaan jip wisata, Kampung Traveler di Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo.

“Kami merekomendasikan pengelola jip wisata di wilayah Kulonprogo untuk melakukan perbaikan terhadap sejumlah temuan saat sidak kelaikan dilakukan. Pengelola diharapkan melengkapi syarat-syarat yang telah ditentukan tadi, baik rem lampu dan lainnya,” sambung Bekti.

Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Kulonprogo Ipda Muhammad Tauchid mengatakan apabila pengelola tidak memperbaiki sejumlah jip bermasalah, maka armada tersebut dilarang beroperasi.

Baca Juga: Prihatin Insiden yang Rusak Citra Jogja, Warga Bagi Bunga di Malioboro

“Kami meminta agar pengelola mengoperasikan armada jip yang memang layak jalan. Kami merekomendasikan untuk jip yang tidak laik jalan jika belum diperbaiki untuk tidak dioperasikan demi keselamatan bersama,” ungkap Tauchid.

Manager Kampung Traveler Firmantoko berjanji akan memperbaiki jip tak layak jalan. Perbaikan dilakukan secepatnya sebelum libur Lebaran tiba.

“Matinya lampu sein armada jip kami karena beberapa hari tidak jalan dan juga wiper ada yang mati ya. Kami ada sebanyak delapan unit. Satu unit dalam kondisi rusak dan masih dalam perbaikan. Armada ini akan beroperasi pada hari kedua Lebaran,” kata Firmantoko.

Terdapat beberapa jasa penyewaan jip wisata di Kecamatan Pengasih selain di objek wisata Kampung Traveler. Sejumlah pengelola mengakomodir wisatawan yang ingin berekreasi di kawasan perbukitan Menoreh.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Waduh…Sejumlah Jip Wisata di Kulonprogo Tak Layak Jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya