SOLOPOS.COM - Calon peserta didik dibantu petugas operator mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK 2022 pada hari terakhir di SMK Negeri 8 Solo, Jumat (1/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah calon peserta didik baru atau CPD SMAN 5 Solo mengundurkan diri ketika memasuki fase daftar ulang. Kepala SMAN 5 Solo, Harmani, membenarkan ada sejumlah CPD yang mengundurkan diri karena diterima di sekolah swasta.

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA/SMK Jateng 2022/2023 di Solo memasuki tahap akhir berupa daftar ulang yang dimulai pada Selasa (5/7/2022) hingga Kamis (7/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam proses daftar ulang tersebut para calon peserta didik (CPD), akan dilakukan verifikasi data sehingga pendaftar harus membawa berkas pendaftaran sekaligus piagam yang juga digunakan untuk mendaftar ke sekolah yang dituju.

Di hari terakhir, Kamis (7/7/2022), sejumlah sekolah masih menunggu para CPD melakukan daftar ulang. Meski ada pula sekolah yang sudah menutup daftar ulang sejak Rabu (6/7/2022). Daftar ulang untuk PPDB SMA/SMK Solo ditutup pukul 15.00 WIB.

Sedangkan di SMAN 5 Solo, tercatat ada beberapa CPD yang tidak daftar ulang dan setelah dimintai konfirmasi CPD tersebut menyatakan mengundurkan diri karena diterima di sekolah swasta.

Baca Juga: Wali Murid Ungkap Kronologi Hilangnya Nama Dan Nilai CPD SMKN 9 Solo

“Kami verifikasi dengan menghubungi CPD yang kemudian menjelaskan bahwa mereka diterima di sekolah swasta,” terangnya. Mengenai PPDB kali ini, Harmani menyebut ada persiapan ekstra, karena setelah melakukan daftar ulang dan dinyatakan diterima, CPD akan melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kurikulum Baru

Setelah itu bersiap masuk dengan kurikulum baru. “Selama MPLS nanti CPD juga dipersiapkan menggunakan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka yang berbeda dengan sebelumnya. Nantinya tidak ada lagi penjurusan IPA ataupun IPS, tetapi peminatan dari masing-masing murid,” jelasnya.

Berbeda dengan SMAN 5 Solo, belum ada informasi pendaftar SMKN 8 Kota Solo yang mengundurkan diri saat daftar ulang. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 8 Solo, Tri Hermanto, kepada Solopos.com, Kamis (7/7/2022) siang, mengatakan masih menunggu pendaftar dari luar kota maupun luar pulau.

Baca Juga: 34 Nama CPD SMKN 9 Solo Hilang Misterius, Ini Kebijakan Disdik Jateng

“Kami menunggu untuk pendaftaran sampai pukul 15.00 WIB. Mayoritas sudah melakukan daftar ulang pada hari kedua. Sedangkan sisanya kami menunggu CPD yang dari Jawa Timur sampai Bengkulu, karena ada CPD kami yang dari luar pulau,” terangnya.

Mengenai adanya potensi CPD yang tidak melakukan daftar ulang, Tri Hermanto menyebutkan sejauh ini, semua CPD yang mendaftar di SMKN 8 Kota Solo sudah melakukan daftar ulang PPDB SMA/SMK Jateng 2022/2023. Tidak ada yang mengundurkan diri.

“Semua CPD yang mendaftar di SMKN 8 Kota Solo semuanya melakukan daftar ulang, tidak ada yang mengundurkan diri atau kemudian cabut berkas setelah diterima,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya