SOLOPOS.COM - Ilustrasi peserta mengikuti computer assisted test (CAT) CPNS. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Jadwal pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Karanganyar yang sedianya dimulai Minggu (30/5/2021) terpaksa diundur.

Hal itu karena masih adanya pengajuan lowongan dari pemerintah daerah ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Informasi penundaan jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK diumumkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dasarnya surat dari dari BKN dengan nomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 yang diterbitkan pada Jumat (28/5/2021).

Baca Juga: Perusahaan Tak Koordinasi saat Simulasi Kebakaran, Damkar dan SAR Karanganyar Kecele Sampai Lokasi

Dalam surat tersebut pada salah satu poinnya tertulis lantaran terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK nonguru dan PPPK Guru yang masih terdapat revisi, pemerintah pusat memutuskan memundurkan jadwal seleksi hingga waktu yang belum ditentukan.

Informasi penundaaan jadwal pendaftaran CPNS itu diiyakan Kepala BKPSDM Karanganyar, Suprapto, ketika dihubungi Solopos.com, Minggu (30/5/2021).

Ia mengatakan lantaran masih adanya usulan revisi formasi lowongan CPNS dan PPPK, jadwal pendaftaran yang seharusnya dibuka pada Minggu terpaksa ditunda.

Baca Juga: Donasi dari ASN dan Warga Karanganyar untuk Palestina Terkumpul Rp744,9 Juta

Saat ini Pemkab Karanganyar masih menunggu informasi lanjutan dari BKN terkait jadwal pasti pembukaan pendaftaran. “Benar kami menerima surat pada poin terakhir yang mengatakan adanya penundaan jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK. Karena beberapa dinas di daerah mengajukan revisi formasi. Pelaksanaan nanti akan diumumkan lebih lanjut menunggu informasi dari BKN,” terang Suprapto.

Pemkab Ajukan Revisi Lowongan PPPK Guru Agama

Menurut Suprapto, Pemkab Karanganyar juga mengajukan revisi formasi untuk lowongan PPPK Guru Agama di bawah naungan Kemenag. Namun, ia belum bisa memastikan apakah pengajuan tersebut masuk ke dalam pembahasan BKN saat ini.

“Oleh karena itu, sembari menunggu kami akan lebih fokus mempersiapkan fasilitas penunjang untuk pelaksanaan ujian untuk CPNS dan PPPK,” imbuhnya.

Baca Juga: 3 Warga Tawangmangu Karanganyar Dipanggil Satgas Covid-19 Kecamatan, Ada Apa?

Sambil menunggu informasi pendaftaran, Suprapto mengatakan sudah menentukan beberapa lokasi untuk pelaksanaan ujian CPNS dan PPPK. Untuk ujian CPNS, Suprapto memastikan ujian CAT akan dilakukan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Sedangkan ujian masuk PPPK rencananya dilakukan di SMKN 1 dan SMKN 2 Karanganyar.

“PPPK ada kemungkinan menambah lokasi di SMK Wikarya. Tapi itu melihat jumlah pendaftarnya berapa dulu. Formasinya kan kalau tidak ada perubahan untuk PPPK Guru sekitar 1.600 lowongan. Kalau pendaftarnya tidak jauh dari angka itu ya dua lokasi sekolah cukup. Tapi kalau banyak sekali kami akan menambah lokasi ujian,” ucapnya.

Terkait anggaran pengadaan ujian CPNS dan PPPK, Suprapto mengatakan masih dalam tahap penghitungan. “Masih dihitung. Belum diketahui anggaran yang perlu dikeluarkan berapa,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya