SOLOPOS.COM - Warga mengerumuni gorong-gorong sebelah utara RSUD Purwodadi tempat pasien ODGJ yang lepas dan bersembunyi di tempat tersebut, Kamis (18/11/2021) siang. (Arif Fajar S)

Solopos.com, PURWODADI – Pasien orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ RSUD dr R Soedjati Purwodadi, Kabupaten Grobogan lepas dan masuk ke dalam gorong-gorong atau saluran air. Kejadian ini menggegerkan warga di Kampung Ngabean, Purwodadi, Kamis (18/11/2021) siang.

Menurut salah seorang warga, Toto, sekitar pukul 13.00 WIB dia yang sedang berada di sebelah utara rumah sakit melihat ada orang telanjang di atap seng dekat kamar jenazah. Orang tersebut diduga pasien jiwa RSUD Purwodadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi saat di atap, pria tersebut melepas seluruh pakaiannya kemudian turun pelan-pelan dan berupaya meraih dahan pohon nangka. Kemudian tercebur ke saluran air di sisi utara rumah sakit,” jelasnya kepada Solopos.com, Kamis (18/11).

Baca juga: Hujan Deras, Sejumlah Desa dan Jalan di Grobogan Banjir

Saat tercebur itu, menurut dia, sebenarnya sudah ada petugas rumah sakit yang mengetahui dan membujuknya untuk naik. Namun pasien ODGJ tersebut malah terus ke arah timur kemudian berbalik ke arah barat.

“Jadi masih di saluran air dalam kondisi telanjang dibujuk untuk naik sama perawat dan petugas rumah sakit. Saat sudah dekat, malah menyipratkan air ke petugas dan terus menyusuri saluran ke barat,” katanya.

Warga Ngabean yang mengetahui ada pasien lepas kemudian mendekati lokasi. Rupanya kerumunan ini membuat pasien yang berada di saluran air panic. Kemudian mengambil batu di saluran dilemparkan ke warga yang menonton.

Baca juga: Belasan Kapal Nelayan di Tegal Kebakaran, Kerugian Capai Puluhan Miliar

“Setelah itu pasin ODGJ tersebut masuk ke gorong-gorong di bawah jalan. Cukup lama bersembunyi di dalam gorong-gorong sehingga menyulitkan perawat dan petugas rumah sakit,” tambahnya.

Sekretaris RSUD dr R Soedjati Purwodadi, Waluyo yang ikut memantau kejadian tersebut mengatakan, pasien ODGJ tersebut titipan Dinas Sosial (Dinsos) Grobogan. Dititipkan di RSUD sejak 15 November 2021.

“Jadi pasien tersebut titipan Dinsos. Pria dengan gangguan jiwa tersebut ditangkap polisi saat masuk ke rumah warga di Jatiharjo, Kecamatan Pulokulon. Karena meresahkan warga, kemudian sama Polsek, Puskesmas Pulokulon dan Dinsos dititipkan ke RSUD Purwodadi,” imbuh Waluyo.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya