SOLOPOS.COM - Putra almarhum Mangkunagoro IX, GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo (ketiga dari kiri), berbincang dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kanan), pada malam peringatan 100 hari mangkatnya KGPAA Mangkunegara (MN) IX di Pringgitan Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (19/11/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Bocoran infomasi yang disampaikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, terkait suksesi atau pergantian kepemimpinan di Pura Mangkunegaran pada Desember 2021 lalu ternyata meleset.

Saat itu, Gibran menginformasikan sosok pengganti KGPAA Mangkunagoro IX yang wafat pada 13 Agustus 2021 bakal diumumkan pada pertengahan Januari 2022. Namun, faktanya hingga awal Februari, sosok calon Mangkunagoro X itu belum juga diumumkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Wong masih Januari [2022] kok. Masih Januari. Kemarin Mas Bhre meng-update saya. Januari, masih lama, tenang saja,” ujar Gibran saat diwawancarai wartawan di Kompleks Stadion Manahan Solo seusai menghadiri launching PeSonas 2022, 9 Desember 2021 lalu.

Baca Juga: Suksesi Kepemimpinan Mangkunegaran Solo Diumumkan Pertengahan Januari?

Saat itu, Gibran menyebut jumenengan KGPAA Mangkunagoro X akan dilangsungkan pertengahan Januari 2022. Gibran juga menyatakan hubungannya dengan ketiga kandidat Mangkunegoro X terjalin baik.

Gibran menyebut satu per satu nama yang menjadi perbincangan publik terkait penerus kepemimpinan di Pura Mangkunegaran Solo. “[Hubungan] Saya baik dengan semua, Gusti Bhre, Gusti Paundra, Gusti Roy. Semuanya baik. Ketemu siapa saja diterima,” urainya.

Sebagaimana diinformasikan, ada tiga kandidat yang muncul dalam suksesi kepemimpinan Pura Mangkunegaran Solo. Ketiganya yakni GPH Paundrakarna, GPH Bhre Cakrahutomo, dan KRMH Roy Rahajasa Yamin.

Baca Juga: Suksesi Mangkunegaran Solo Belum Jelas, Nunggu Wahyu Keprabon?

Tiga Calon

Paundra merupakan putra tertua KGPAA Mangkunagoro IX dengan Sukmawati Soekarnoputri yang merupakan istri pertama MN IX dan kemudian bercerai. Paundra lahir sebelum KGPAA Mangkunagoro IX bertakhta atau jumeneng. Bhre di sisi lain merupakan putra bungsu yang lahir dari permaisuri GKP Prisca Marina Yogi Supardi.

Ada pun KRMH Roy Rahajasa Yamin merupakan cucu Mangkunagoro VIII sekaligus cucu Mr Moh Yamin, sahabat Bung Karno. Pada pertengahan Januari lalu, mencuat kabar nama calon Mangkunagoro X sudah mengerucut ke Bhre Cakrahutomo.

Baca Juga: 2,5 Bulan Rembukan Suksesi Mangkunegaran Solo, Bhre atau Paundra?

Namun, kabar itu mendapat respons dari Paundrakarna lewat komentar pada unggahan berita Solopos.com berjudul “Berusia 24 Tahun, Ini Sosok Bhre Calon Terkuat Mangkunagoro IX” di akun Instagram @solopos_com.

Pada intinya, Paundra mengingatkan agar Bhre sadar posisinya sebagai anak bungsu (ragil) dan bahwa Bhre hanya dijadikan boneka atau alat oleh ibunya untuk memenuhi ambisinya berkuasa di Mangkunegaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya