SOLOPOS.COM - Para ibu berebut daging ayam joper yang dijual murah di Warung Berkah Taman Asri, Kroyo, Karangmalang, Sragen, Jumat (4/2/2022). (Espos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Daging ayam Jowo Super (Joper) sebanyak 309 kilogram (Kg) dijual murah di Warung Berkah Kampung Taman Asri, Kelurahan Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, ludes dalam 15 menit, pada Jumat (4/2/2022).

Daging ayam itu dijual dengan harga di bawah harga pasaran. Harga daging ayam di pasaran Rp36.000-Rp38.000/kg tetapi di pasar murah Warung Berkah hanya dibanderol Rp13.000-Rp26.000/kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Kampung Taman Asri Mandiri, Kroyo, Karangmalang, Sragen, Eko Wijoyono, saat ditemui Solopos.com, Jumat siang, menyampaikan penjualan daging ayam Joper ini dengan pendekatan bazar.

Baca Juga : Harga Ayam di Kota Semarang Masih Fluktuatif, Ini Pantauannya

Dia menyampaikan pengumuman pasar daging ayam murah itu sudah disebar lewat media sosial sehari sebelumnya. Eko tidak menyangka anemo masyarakat tinggi sehingga persediaan awal 309 kg ludes dalam waktu 15 menit.

“Daging ayam Joper itu diambil dari mitra Warung Berkah Taman Asri, yakni Rumah Pemotongan Ayam (RPA) Jamburaya Salatiga. Untuk kebutuhan Warung Berkah saja rata-rata 60 kg per sekali buka,” jelas Eko.

Eko menuturkan alasan membuat bazar dan menyediakan ayam lima kali lipat dari hari biasa. “Karena banyak pelanggan yang memesan daging ayam Joper itu makanya kami membuat model bazar. Kami memasang harga jauh lebih rendah dari harga pasar. Misalnya, sayap itu Rp18.000/kg, paha bawah atau tepong Rp26.000/kg, kepala Rp14.000/kg, usus dan jeroan Rp13.000/kg,“ jelas Eko.

Baca Juga : Harga Ayam di Sukoharjo Rp40.000/Kg Tetap Dicari Warga

Selain itu, ati ampela ayam mentah Rp2.000/buah di pasar. Warung Berkah Taman Asri menjual ati ampela Rp2.000 sudah matang. “Ini terobosan baru di Taman Asri. Setelah 309 kg ludes ternyata masih ada permintaan. Kami mengusahakan ambil daging ayam dari mitra lainnya sebanyak 60 kg dan langsung habis juga,“ jelasnya.

Dia mengatakan pasar murah ini sengaja menjual daging ayam dengan harga rendah supaya menjadi daya tarik. Harga daging ayam di pasaran Rp36.000-Rp38.000/kg.

Tak Kebagian

Eko mengklaim Warung Berkah Taman Asri menjadi distributor daging ayam Joper di Sragen. Dia menerangkan RPA Jamburaya Salatiga itu tidak sekadar menjual daging tetapi juga melindungi protein yang terkandung dalam daging.

Baca Juga : Harga Daging Ayam di Karanganyar Naik Jelang Ramadan, Jadi Rp37.000 per Kg

“Caranya sebelum disembelih itu ayam dimasukkan ke ruang gelap supaya tenang. Setelah itu, ayam disembelih secara manual untuk memastikan tiga urat leher ayam putus sesuai syariat. Pengelolaan daging ayam menggunakan teknologi mesin. Daging ayam langsung dibekukan supaya tidak kemasukan bakteri dan mempertahankan protein,“ tutur dia.

Dia menyebut 35 warga Taman Asri sudah datang ke RPA Jamburaya Salatiga untuk kerja sama kemitraan. RPA tersebut, kata Eko, memasok ke Pondok Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen (Dimsa) dan Trensains Muhammadiyah Sragen.

“Dengan terobosan yang ada maka pengunjung Warung Berkah semakin ramai. Pembelinya banyak dari Kedawung, Batu Jamus, Sambungmacan, Sidoharjo, dan Karangmalang,“ ungkapnya.

Baca Juga : Peluang Bisnis Ternak Ayam Sembawa, 1 Ekor Bisa Hasilkan 250 Telur Per Tahun

Warga Ringinanom, Sragen Kulon, Sragen, Nari, 43, datang bersama teman-temannya ke Warung Berkah Taman Asri membeli daging ayam Joper. Nari membeli empat kilogram paha ayam karena anaknya suka.

“Mumpung masih promo. Beli 4 kg itu hanya Rp72.000/kg atau Rp18.000/kg. Padahal harga di pasaran masih Rp36.000-Rp38.000/kg. Lebih murah di sini,“ ujarnya.

Warga Taman Asri, Ragil, mengaku sudah pesan lima kilogram daging ayam super itu tapi ternyata tidak kebagian. “Sudah diserbu warga. Kehabisan. Sebenarnya sudah pesan 5 kg,“ ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya